Skip to content
Home » Ukuran Gir RX King

Ukuran Gir RX King

Jika Anda seorang penggemar motor, pasti sudah sangat familiar dengan motor legendaris Yamaha RX King. Motor ini memang sangat legendaris dan populer di Indonesia, terutama di kalangan para pemuda. Ukuran gir RX King memang menjadi salah satu spesifikasi yang sering menjadi pembicaraan bagi para penggemarnya. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai ukuran gir RX King.

Apa Itu Gir pada Motor?

Sebagai awalan, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai apa itu gir pada motor. Gir pada motor adalah sebuah komponen yang sangat penting, karena merupakan bagian dari sistem transmisi pada motor. Gir pada motor berfungsi untuk mengubah putaran mesin menjadi daya pada roda belakang melalui rantai. Tanpa gir, maka tenaga mesin tidak akan bisa diteruskan ke roda belakang. Oleh karena itu, semakin besar ukuran gir, maka semakin tinggi pula torsi yang dihasilkan pada roda belakang.

Mengenal RX King

RX King adalah motor legendaris produksi Yamaha yang sangat populer di Indonesia, terutama pada tahun 90-an. Motor ini menjadi ikon bagi para pemuda pada masa itu. Bahkan hingga saat ini, masih banyak penggemar RX King yang setia dan tetap mewarisi kecintaan terhadap motor legendaris ini.

RX King memiliki mesin 2 tak berkapasitas 132cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 17hp. Mesin ini sangat tangguh dan bertenaga, sehingga banyak penggemar motor yang menggemari motor ini. Selain itu, RX King juga dilengkapi dengan sistem transmisi manual 5 percepatan yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Ukuran Gir RX King

Sekarang, kita akan membahas lebih detail mengenai ukuran gir pada RX King. Secara umum, RX King memiliki ukuran gir standar 14/40. Artinya, gir depan menggunakan gear ratio 14 dan gir belakang menggunakan gear ratio 40.

BACA JUGA:   Soket CDI Mio Sporty: Panduan Untuk Pemula

Namun, beberapa penggemar RX King ada yang menyukai ukuran gir yang lebih besar atau lebih kecil dari standar. Hal ini dilakukan agar RX King mendapatkan karakteristik berkendara yang lebih sesuai dengan keinginan mereka.

Untuk gir depan, ada beberapa ukuran yang sering digunakan oleh penggemar RX King. Ukuran-ukuran tersebut antara lain 13, 14, 15, dan 16. Semakin kecil ukuran gir depan, maka semakin tinggi torsi yang dihasilkan oleh motor. Namun, semakin sulit pula untuk menjaga keseimbangan motor saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan untuk gir belakang, ukuran yang sering digunakan adalah 40 dan 42. Penggunaan gir belakang lebih besar dari standar 40, biasanya dilakukan oleh pengemar RX King yang ingin mendapatkan akselerasi yang lebih baik, namun dengan kecepatan maksimal yang lebih rendah.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti ukuran gir pada RX King Anda, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik terpercaya atau penggemar RX King yang sudah berpengalaman. Hal ini dilakukan agar Anda memperoleh keputusan yang tepat dan aman bagi keseimbangan motor.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai ukuran gir RX King. Saat ini, ada banyak variasi ukuran gir yang digunakan oleh penggemar RX King, namun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik terpercaya sebelum mengganti ukuran gir. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda mengetahui seluk-beluk mengenai ukuran gir pada RX King. Terima kasih atas perhatiannya.