Skip to content
Home ยป Kapasitas Oli Jupiter MX 135: Menentukan Kapasitas dan Fungsi Oli pada Kendaraan Anda

Kapasitas Oli Jupiter MX 135: Menentukan Kapasitas dan Fungsi Oli pada Kendaraan Anda

Jupiter MX 135 adalah salah satu motor yang populer di Indonesia. Kemampuannya yang tangguh, mesinnya yang bertenaga, dan desainnya yang elegan menjadikan motor ini menjadi pilihan favorit banyak orang. Namun, untuk menjaga kinerja mesin motor tetap prima, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kapasitas oli Jupiter MX 135 dan fungsi oli tersebut.

Mengenal Kapasitas Oli Jupiter MX 135

Kapasitas oli Jupiter MX 135 bisa ditemukan di bagian dalam buku manual kendaraan. Pada umumnya, kapasitas oli yang dibutuhkan untuk motor ini adalah sekitar 0,95 liter. Namun, sebelum mengisi oli, pastikan untuk memeriksa level oli pada mesin, karena terkadang kapasitas oli yang dibutuhkan untuk setiap kendaraan bisa sedikit berbeda.

Fungsi Oli pada Jupiter MX 135

Oli pada Jupiter MX 135 berfungsi untuk melumasi komponen mesin yang bergerak sehingga mencegah gesekan antar komponen. Oli juga membantu menyeimbangkan suhu pada mesin agar tidak overheat, serta membawa kotoran dan partikel-partikel kecil pada mesin keluar dari mesin.

Namun, selain fungsi umum tersebut, oli pada Jupiter MX 135 juga dikhususkan untuk fitur-fitur khusus motor ini, seperti sistem CVT (Continuously Variable Transmission) dan instrumentasi digital.

Pentingnya Memeriksa dan Mengganti Oli Secara Berkala

Meskipun kapasitas oli Jupiter MX 135 sudah diketahui dan fungsi oli tersebut telah dijelaskan, tidak ada gunanya jika oli yang digunakan tidak dijaga kualitasnya. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksa level oli pada mesin secara berkala, minimal satu bulan sekali.

Selain memeriksanya, oli juga harus diganti secara berkala untuk menjaga kinerjanya. Waktu yang tepat untuk mengganti oli tergantung pada banyak faktor, seperti kondisi penggunaan kendaraan, frekuensi penggunaan, dan seberapa jauh jarak tempuh yang dilalui. Namun, umumnya oli harus diganti setiap 3000-5000 kilometer atau sekali dalam 6 bulan.

BACA JUGA:   Cara Meningkatkan Performa Mio Sporty Tanpa Mesin Baru

Kesimpulan

Kapasitas oli Jupiter MX 135 perlu diperhatikan untuk menjaga kinerja mesin motor. Oli pada Jupiter MX 135 memiliki fungsi umum yang sama seperti pada kendaraan lainnya, namun juga dikhususkan untuk fitur-fitur khusus pada motor ini. Penting untuk memeriksa level oli pada mesin secara berkala dan mengganti oli secara berkala untuk menjaga kinerja mesin tetap prima. Dengan begitu, Jupiter MX 135 Anda tetap dapat melaju dengan kinerja prima dan tahan lama.