Skip to content
Home » Setelan Klep Tiger: Cara Mudah Menyetel Klep Motor Agar Optimal

Setelan Klep Tiger: Cara Mudah Menyetel Klep Motor Agar Optimal

Apakah Anda mengalami masalah pada mesin motor Tiger kesayangan Anda, seperti suara mesin yang kasar atau performa yang menurun? Kemungkinan besar, masalah ini disebabkan oleh setelan klep Tiger yang tidak optimal.

Setelan klep sangat penting untuk menjaga performa mesin Tiger, karena berfungsi untuk mengatur aliran gas masuk dan keluar mesin sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal. Jika setelan klep Tiger tidak optimal, maka akan berdampak pada performa mesin, konsumsi bahan bakar, dan usia mesin.

Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara mudah menyetel klep Tiger agar optimal. Simak dengan baik dan terapkan langkah-langkahnya.

Persiapan

Sebelum mulai menyetel klep Tiger, pastikan Anda telah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • Kunci L + T (sesuai ukuran klep Tiger)
  • Kunci pas 10, 12, dan 14 mm
  • Kunci sok 8, 10, 12, 14, dan 17 mm
  • Penggaris dan pensil
  • Kain lap bersih
  • Minyak rem
  • Timbangan

Langkah-Langkah Menyetel Klep Tiger

Berikut adalah langkah-langkah menyetel klep Tiger yang bisa Anda ikuti:

  1. Pastikan mesin dalam keadaan dingin
  2. Lepaskan tutup kepala silinder dan kanvas arang
  3. Periksa lembaran klep dan kursi klep, untuk mengetahui apakah sudah aus atau belum. Jika sudah aus, sebaiknya diganti dengan yang baru.
  4. Ukur jarak antara gardan rocker arm dan tutup silinder menggunakan penggaris, dan catat. Lalu, ganti gardan rocker arm yang aus atau kurang dari 30 gr menggunakan timbangan.
  5. Atur klep bagian intake sesuai dengan standar pabrik, yaitu 0,05-0,07 mm untuk mesin Tiger dengan karburator dan 0,06-0,08 mm untuk mesin Tiger dengan injeksi. Untuk menyetel, gunakan kunci L + T untuk mengendorkan baut klep, lalu gunakan kunci pas 10 mm untuk mengunci baut klep. Periksa kembali jarak antara gardan rocker arm dan baut klep menggunakan penggaris.
  6. Setelah semua klep intake selesai diatur, lakukan hal serupa pada klep eksos dengan ukuran 0,06-0,08 mm untuk mesin karburator dan 0,07-0,09 mm untuk mesin injeksi.
  7. Setelah semua klep selesai diatur, pasang kembali tutup kepala silinder dan kanvas arang.
  8. Nyalakan mesin Tiger dan periksa suara mesin. Jika suara mesin terdengar lebih halus dan performa mesin meningkat, berarti klep sudah disetel dengan optimal.
BACA JUGA:   Perbaikan Peredam Karet Pully Belakang Mio M3

Perawatan Setelan Klep Tiger

Setelah Anda menyetel klep Tiger dengan benar, pembaca juga perlu melakukan perawatan agar setelan klep tersebut tetap optimal. Berikut adalah beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan:

  • Rutin melakukan pengecekan setiap 5000 km atau 6 bulan sekali, terutama pada mesin yang sering digunakan dengan intensitas tinggi.
  • Pastikan mesin dalam keadaan dingin sebelum mengecek setelan klep.
  • Gunakan material yang berkualitas untuk penggantian setelan klep jika dibutuhkan.
  • Hindari penggunaan bahan bakar berkualitas rendah, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya aus pada setelan klep.
  • Rutin ganti oli dan filter oli untuk menjaga kondisi mesin tetap prima.

Kesimpulan

Menyetel klep Tiger memang tidak terdengar mudah bagi orang awam, namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas, bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain itu, perawatan setelan klep yang rutin juga menjadi kunci agar mesin Tiger Anda tetap prima. Jangan ragu untuk mencoba dan periksa suara mesin Tiger Anda agar tetap halus dan optimal.