Skip to content
Home ยป Rumus Hitung CC Motor

Rumus Hitung CC Motor

Sebagai seorang penggemar otomotif, Anda pasti ingin mengetahui bagaimana cara menghitung cc motor agar bisa memilih kendaraan yang tepat. CC merupakan singkatan dari "Cubic Centimeter" atau "Sentimeter Kubik". Satuan ini digunakan untuk mengukur kapasitas mesin kendaraan bermotor, yang secara langsung mempengaruhi performa kendaraan.

Pengertian CC Motor

CC Motor menghitung ruang bakar mesin kendaraan dalam satuan sentimeter kubik. Semakin besar kapasitas mesin, semakin banyak bahan bakar yang bisa terbakar, yang menghasilkan output daya yang lebih tinggi. Mesin motor yang lebih besar biasanya membutuhkan lebih banyak bahan bakar dan menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada mesin motor yang lebih kecil.

Rumus Hitung CC Motor

Rumus umum untuk menghitung CC Motor adalah sebagai berikut:

CC = (D x D x S x 0.7854 x Jumlah Silinder)

Penjelasan Rumus

  • D adalah diameter silinder dalam satuan mm
  • S adalah langkah piston dalam satuan mm
  • Jumlah silinder adalah jumlah ruang pembakaran dalam mesin kendaraan

Rumus ini hanya berlaku pada mesin motor dengan silinder berbentuk bulat atau sirkular. Jika Anda ingin menghitung kapasitas mesin motor dengan silinder yang berbeda bentuk, Anda harus mencari rumus yang sesuai dengan bentuk silinder kendaraan Anda.

Contoh Penghitungan

Sebagai contoh, Anda ingin menghitung kapasitas mesin motor dengan diameter silinder 70 mm, langkah piston 64 mm, dan jumlah silinder 2. Berikut adalah cara menghitungnya:

CC = (70 x 70 x 64 x 0.7854 x 2)

CC = 693.98

Kapasitas mesin kendaraan Anda adalah 693.98 cc.

Kesimpulan

Dengan menggunakan rumus hitung CC Motor yang tepat, Anda dapat menghitung kapasitas mesin kendaraan dan memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, perlu diingat bahwa kapasitas mesin yang lebih besar tidak selalu berarti kendaraan yang lebih baik. Pastikan Anda mempertimbangkan faktor lain seperti harga, keamanan, dan kenyamanan sebelum membeli kendaraan bermotor. Semoga artikel ini membantu Anda untuk memahami rumus menghitung cc motor dengan tepat dan benar.

BACA JUGA:   Harga Second CB150R di Pasaran Saat Ini