Skip to content
Home » Rahasia Mengubah Rangka RXZ Menjadi Motor Balap Handal

Rahasia Mengubah Rangka RXZ Menjadi Motor Balap Handal

Jika kamu seorang pecinta otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan motor Yamaha RXZ. Motor ini diproduksi pertama kali pada tahun 1985 dan sejak itu menjadi salah satu motor legendaris di Indonesia. Meskipun sudah cukup tua, namun masih banyak penggemar RXZ yang ingin memodifikasi motornya menjadi lebih tangguh.

Salah satu bagian motor RXZ yang biasa dimodifikasi adalah rangka. Rangka RXZ memiliki kelemahan yaitu materi baja yang terlalu ringan sehingga kurang tahan terhadap tekanan. Solusinya adalah dengan melakukan modifikasi pada rangka RXZ. Berikut adalah rahasia dalam mengubah rangka RXZ menjadi motor balap handal.

1. Menggunakan Bahan Berkualitas

Bahan yang berkualitas tinggi sangat penting dalam memodifikasi rangka RXZ. Pilihlah bahan yang lebih kuat dan tahan lama sehingga rangka lebih mampu menahan tekanan. Beberapa bahan yang direkomendasikan adalah titanium, carbon fiber, dan chrome molybdenum.

2. Sistem Peredam Guncangan

Rangka RXZ yang telah dimodifikasi akan mempengaruhi sistem peredam guncangan. Pastikan kamu mengganti sistem peredam guncangan dengan yang lebih modern dan dapat menahan tekanan pada rangka baru kamu. Beberapa merek yang dapat kamu pertimbangkan antara lain Ohlins, Showa dan Kayaba.

3. Ukuran Rangka

Ukuran rangka yang sesuai dengan tubuh pengendara sangat penting agar pengendara dapat mengendarai motor dengan mudah dan nyaman. Pilihlah ukuran rangka yang pas dengan tinggi tubuhmu dan sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Desain Rangka

Desain rangka juga mempengaruhi performa motor balap kamu. Pilih desain rangka yang cocok dengan sirkuit balap yang ingin kamu ikuti. Pastikan juga desain rangka dapat menahan goyangan saat berakselerasi dan mempercepat kecepatan motor.

5. Pemasangan Rangka

Setelah semua bagian rangka disiapkan, kamu dapat memasangnya pada motor RXZ kamu. Pastikan kamu melakukan pemasangan rangka dengan benar dan sesuai prosedur agar rangka dapat menahan tekanan dengan maksimal.

BACA JUGA:   Bearing CVT Nmax: Apa yang Harus Anda Ketahui

Dengan menggunakan bahan yang berkualitas dan melakukan perubahan pada sistem peredam guncangan, ukuran, desain dan pemasangan rangka, motor RXZ kamu akan menjadi motor balap dengan performa yang lebih maksimal. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan dan melakukan perawatan berkala agar motor kamu tetap awet dan tampilan modifikasi yang lebih menarik. Selamat mencoba!