Skip to content
Home » Fungsi Kampas Kopling Mobil

Fungsi Kampas Kopling Mobil

Kampas kopling adalah salah satu komponen kunci dalam sistem transmisi mobil. Secara umum, sistem transmisi terdiri dari kopling, transmisi, dan diferensial. Kopling berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan mesin dengan transmisi. Salah satu bagian penting dari kopling adalah kampas kopling.

Apa itu Kampas Kopling?

Kampas kopling adalah bahan baku yang terbuat dari bahan gesekan yang dapat menahan tekanan, suhu yang tinggi dan digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan sambungan antara mesin mobil dengan transmisi.

Fungsi Kampas Kopling

Fungsi kampas kopling adalah menghubungkan atau memutuskan mesin mobil dengan transmisi. Ketika pedal kopling ditekan, kampas kopling yang berada diantara mesin dan transmisi melepaskan mesin dan memutuskan sambungan dengan transmisi. Ini memungkinkan pengemudi untuk mengubah gigi dengan mudah tanpa merusak mesin dan transmisi.

Jenis Kampas Kopling

Ada beberapa jenis kampas kopling yang digunakan pada mobil, yaitu:

1. Kampas Kopling Organik

Kampas kopling organik adalah jenis kampas yang terbuat dari bahan organik seperti serat aramid, serat selulosa, dan resin yang diaplikasikan pada plat baja. Kampas kopling organik lebih lunak dan tidak sekuat jenis kampas kopling lainnya. Kampas kopling organik cocok untuk mobil dengan mesin yang tidak terlalu kuat, atau jika Anda hanya menggunakannya di jalan raya pada kecepatan normal.

2. Kampas Kopling Keramik

Kampas kopling keramik terbuat dari bahan keramik yang pertama kali digunakan pada mobil balap. Kampas kopling keramik lebih keras dan lebih tahan lama daripada kampas kopling organik. Kampas kopling jenis ini lebih cocok digunakan pada mobil yang memiliki tenaga mesin yang cukup besar.

3. Kampas Kopling Kevlar

Kampas kopling kevlar dibuat dari bahan serat kevlar. Kampas kopling jenis ini lebih tahan lama dan lebih kuat daripada jenis organik dan keramik. Kampas kopling kevlar cocok digunakan untuk mobil dengan tenaga mesin yang besar, dan juga cocok digunakan untuk mobil balap.

BACA JUGA:   Kampas Kopling APV - Pentingnya Memilih Produk Berkualitas

Masalah yang Mungkin Terjadi pada Kampas Kopling

Meskipun kampas kopling pada mobil terbuat dari bahan yang tahan lama dan berkualitas tinggi, tetapi ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada kampas kopling, yaitu:

1. Aus

Kampas kopling akan mengalami aus pada bahan gesekan pada beberapa tahun penggunaannya. Hal ini tergantung pada penggunaan mobil, dan keadaan jalan yang dilalui.

2. Overheat

Overheat terjadi ketika kampas kopling terlalu panas, dan ini dapat terjadi akibat penggunaan mobil yang berlebihan atau pemakaian yang melebihi batas kekuatan kampas kopling.

3. Rantai Kopling Patah

Ini terjadi karena penggunaan kopling yang kasar atau mengubah gigi tanpa menekan pedal kopling.

Kesimpulan

Kampas kopling mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem transmisi mobil. Fungsi kampas kopling adalah untuk menghubungkan atau memutuskan mesin mobil dengan transmisi. Ada beberapa jenis kampas kopling yang tersedia, seperti organik, keramik dan kevlar, dan setiap jenis kampas kopling memiliki kekuatan yang berbeda. Pemilihan jenis kampas kopling yang tepat tergantung pada tenaga mesin mobil dan juga penggunaannya. Jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala untuk memastikan kinerja kampas kopling optimal, sehingga mobil dapat berjalan dengan lancar dan aman.