Skip to content
Home ยป Cara Korek Motor Supra

Cara Korek Motor Supra

Motor Supra merupakan salah satu jenis motor dengan desain sporty yang membuat banyak orang terpikat untuk memiliki motor ini. Salah satu cara untuk meningkatkan performa motor Supra adalah dengan melakukan korek mesin.

Korek mesin merupakan suatu proses peningkatan performa motor dengan membuka semua batasan dari mesin tersebut. Cara korek motor Supra yang tepat dapat membuat motor lebih bertenaga dan memiliki akselerasi yang lebih cepat.

Tahapan Korek Mesin

Tahapan korek mesin pada motor Supra terdiri dari beberapa hal, seperti:

  1. Pengukuran Tingkat Kompressi

Sebelum melakukan korek mesin, ada baiknya untuk melakukan pengukuran tingkat kompressi pada mesin, sehingga dapat diketahui kapasitas mesin serta daya kuda yang akan dihasilkan.

  1. Perbaikan Asupan Udara

Cara korek motor Supra yang pertama adalah dengan memperbaiki asupan udara. Beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti memasang ram intake atau memperbaiki saluran udara yang lebih lebar.

  1. Pendakian Klep

Pendakian klep atau valve lift dapat meningkatkan volume udara yang masuk dalam ruang bakar, sehingga mesin mampu menghasilkan daya yang lebih besar.

  1. Pembersihan Ruang Bakar

Menghilangkan deposit atau kerak pada ruang bakar dapat meningkatkan efisiensi pembakaran, sehingga mesin dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.

  1. Penambahan Setelan Buang

Setelan buang yang tepat dapat meningkatkan performa motor Supra, dengan memperbaiki keluaran gas buang dan meningkatkan suara motor.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Namun, dalam melakukan korek mesin, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  1. Kepatuhan Hukum

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kepqtuhan hukum. Pastikan semua perubahan yang dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti ukuran knalpot, asupan udara, dan lain-lain.

  1. Kompromi Kebutuhan
BACA JUGA:   Profil Ukuran Klep Shogun 110

Meskipun korek mesin dapat meningkatkan performa motor Supra, namun perlu diketahui bahwa penggunaan mesin dengan daya yang lebih besar dapat menyebabkan kenaikan konsumsi bahan bakar serta kerusakan pada mesin.

  1. Keterampilan

Korek mesin membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk dapat melakukan modifikasi dengan benar dan efektif.

Kesimpulan

Melakukan cara korek motor Supra dapat meningkatkan performa motor, namun perlu diperhatikan beberapa hal seperti kepqtuhan hukum, kompromi kebutuhan, dan keterampilan. Pastikan untuk melakukan modifikasi dengan benar dan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada mesin.