Skip to content
Home ยป Cara Pasang Kampas Kopling Honda Grand

Cara Pasang Kampas Kopling Honda Grand

Jika kamu memiliki sepeda motor Honda Grand, pasti kamu tidak asing dengan kampas kopling. Kampas kopling berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke roda melalui transmisi. Ketika kopling diinjak, tenaga mesin tidak akan terhubung ke transmisi sehingga kamu dapat mengganti gigi dengan lancar. Namun, kampas kopling juga memerlukan penggantian berkala karena digunakan terus-menerus. Berikut adalah langkah-langkah cara pasang kampas kopling Honda Grand.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pemasangan kampas kopling, pastikan ada persiapan alat dan bahan yang diperlukan. Antara lain:

  • Kampas kopling baru
  • Oli rem
  • Kunci L dan kunci pas
  • Lem silikon
  • Thinner dan kain lap

Langkah Pemasangan

  1. Siapkan sepeda motor Honda Grand dan pastikan mesin dalam keadaan mati. Lepaskan tutup kopling dan pinggiran bak kopling untuk mengakses area kampas.

  2. Buka baut penegang kampas yang terletak di bagian belakang kopling. Keluarkan kampas kopling lama dengan hati-hati dan jangan lupa membersihkan area bagian dalam mesin dari serpihan kampas lama.

  3. Pasang kampas kopling baru dan jangan lupa mengoleskan oli rem pada permukaan kampas. Pastikan kampas baru terpasang dengan sempurna dan tidak terlalu longgar atau terlalu kencang.

  4. Setelah kampas kopling baru terpasang, pasang kembali penegang kampas dan bautnya. Pastikan baut penegang kencang tetapi tidak terlalu berlebihan sehingga tidak merusak komponen lain.

  5. Setelah memasang kampas kopling baru, pasang kembali tutup kopling dan pinggiran bak kopling. Gunakan lem silikon untuk merekatkan bagian pinggiran kopling yang sudah aus.

  6. Tunggu lem kering dengan benar atau bisa juga menggunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan. Setelah lem kering, bersihkan area sekitar kopling dari sisa-sisa lem dengan thinner dan kain lap.

  7. Terakhir, hidupkan mesin sepeda motor Honda Grand dan tekan tuas kopling. Periksa kembali apakah kampas kopling telah terpasang dengan baik dan dapat mengganti gigi dengan lancar.

BACA JUGA:   Laher Roda Belakang Jupiter Z: Kenali Fungsinya dan Cara Perawatannya

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah cara pasang kampas kopling Honda Grand. Pemasangan kampas kopling tidak terlalu sulit jika kamu mengetahui langkah-langkahnya dengan baik. Pastikan kampas kopling yang dipasang adalah yang sesuai dengan merek dan tipe sepeda motor kamu. Jangan lupa melakukan penggantian berkala agar performa kopling tetap optimal dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.