Skip to content
Home » Cara Ganti Seal Water Pump Xeon

Cara Ganti Seal Water Pump Xeon

Apakah saat ini Anda mengalami masalah pada mesin motor Xeon Anda? Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin motor Xeon adalah kebocoran pada water pump. Jika hal tersebut terjadi, maka segara lakukan cara mengganti seal water pump Xeon pada mesin motor Anda.

Berikut adalah cara mengganti seal water pump Xeon:

Persiapan Tools dan Bahan

Sebelum Anda mulai mengganti seal water pump, pastikan bahwa Anda memiliki semua tools dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa tools yang Anda butuhkan antara lain: obeng, kunci pas, kunci sok, kertas amplas, lap, dan sebagainya.

Persiapan Mesin Motor

Setelah semua tools dan bahan yang dibutuhkan telah tersedia, pastikan bahwa mesin motor dalam kondisi mati dan juga dalam keadaan dingin. Anda juga bisa memperhatikan beberapa hal seperti pastikan suhu mesin tidak lebih dari 70 derajat celcius, copot tutup radiator, dan sebagainya.

Proses Mengganti Seal Water Pump

Setelah semua persiapan telah dilakukan, mulailah melakukan proses penggantian seal water pump Xeon dengan cara-cara berikut:

  1. Copot dulu baut pada pipa oli dan pisahkan pipa oli dengan mesin.
  2. Gunakan kunci pas untuk melepaskan kipas dan kemudian lepaskan kipas pada mesin.
  3. Copot baut yang mengikat puli aluminium pada water pump. Setelah itu, copot puli pada water pump.
  4. Gunakan obeng untuk melepaskan tutup penyangga seal pada water pump.
  5. Setelah itu, arahkan obeng pada sisi yang lain dan lepaskan seluruh bagian yang menahannya.
  6. Gunakan kertas amplas untuk membersihkan seal water pump dari bekas kotoran dan sebagainya.
  7. Ambil seal sambil memperhatikan bentuk dan ukuran yang sesuai. Setelah itu, pasang seal kembali pada water pump dengan cara menakan hingga pas.
  8. Pasang kembali seluruh bagian pada mesin motor. Sambungkan pipa oli ke mesin, pasang kembali kipas pada mesin, lalu tempatkan puli pada water pump, dan terakhir pasangkan kembali tutup penyangga seal pada water pump.
  9. Selesai.
BACA JUGA:   Karburator Crypton: Peningkatan Performa Kendaraan Anda

Kesimpulan

Melakukan penggantian seal water pump pada mesin motor Xeon bukanlah hal yang sulit dilakukan dengan catatan Anda sudah mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil. Selalu pastikan bahwa segala persiapan telah dilakukan dengan baik untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Jangan lupa, ketika melakukan penggantian sel, gunakan sel yang berkualitas dan sesuai ukuran agar mesin motor tetap berjalan dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!