Skip to content
Home ยป Warna Kabel Spul Tiger: Petunjuk Lengkap Untuk Membahas Masalah Kelistrikan Motor Anda

Warna Kabel Spul Tiger: Petunjuk Lengkap Untuk Membahas Masalah Kelistrikan Motor Anda

Jika Anda seorang mekanik berpengalaman atau hanya seorang penggemar motor yang ingin tahu lebih banyak tentang kelistrikan motor, maka artikel ini cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang warna kabel spul Tiger dan bagaimana memecahkan masalah kelistrikan pada motor Anda dengan membaca kabel tersebut.

Mengetahui Warna Kabel Spul Tiger

Sebelum memeriksa masalah kelistrikan pada motor Anda, pertama-tama Anda harus mengetahui warna kabel spul Tiger. Ada 5 warna kabel spul pada motor Tiger. Berikut adalah warna kabel spul Tiger beserta fungsinya masing-masing:

  • Yellow : kabel dari spul pengisian yang berfungsi mengisi daya baterai.
  • White : kabel dari spul pengapian yang berfungsi memberi daya pada sistem pengapian.
  • Blue : kabel dari spul cahaya yang berfungsi memberikan daya pada sistem lampu.
  • Green : kabel dari spul grounding yang berfungsi mengunci mesin pada motor.
  • Red : kabel dari ACG (alternator current generator) yang berfungsi memberikan daya pada sistem AC.

Pemecahan Masalah Kelistrikan Motor dengan Membaca Warna Kabel Spul Tiger

Dalam beberapa kasus, masalah kelistrikan pada motor dapat diperbaiki dengan membaca warna kabel spul Tiger. Berikut adalah beberapa masalah umum yang terkait dengan kelistrikan motor dan bagaimana Anda dapat memecahkannya dengan membaca warna kabel spul tersebut:

Masalah Baterai Mati

Jika motor Anda sering mati dan baterai Anda tidak terisi dengan baik, maka masalahnya mungkin pada spul pengisian. Untuk memeriksanya, cari kabel warna kuning yang terhubung ke baterai. Pastikan kabel itu terhubung dengan baik dan tidak putus.

BACA JUGA:   Cara Memperbaiki Fuel Pump CB150R Lama

Masalah Sistem Pengapian

Jika motor Anda tidak menyala atau mogok, maka masalahnya mungkin pada sistem pengapian. Untuk memeriksanya, cari kabel warna putih yang terhubung ke sistem pengapian. Pastikan kabel itu terhubung dengan baik dan tidak putus.

Masalah Sistem Lampu

Jika lampu depan atau belakang motor Anda tidak menyala, maka masalahnya mungkin pada sistem lampu. Untuk memeriksanya, cari kabel warna biru yang terhubung ke sistem lampu. Pastikan kabel itu terhubung dengan baik dan tidak putus.

Masalah Grounding

Jika motor Anda sering mati ketika Anda menekan kopling, maka masalahnya mungkin pada sistem grounding. Untuk memeriksanya, cari kabel warna hijau yang terhubung ke mesin. Pastikan kabel itu terhubung dengan baik dan tidak putus.

Masalah Sistem AC

Jika sistem AC Anda tidak bekerja, maka masalahnya mungkin pada kabel warna merah yang terhubung ke ACG (alternator current generator). Pastikan kabel itu terhubung dengan baik dan tidak putus.

Kesimpulan

Membaca warna kabel spul Tiger dapat membantu Anda memecahkan masalah kelistrikan pada motor dengan lebih mudah dan cepat. Namun, jika masalah terlalu rumit dan tidak dapat dipecahkan dengan membaca warna kabel spul tersebut, sebaiknya Anda membawa motor Anda ke bengkel resmi agar dapat diperbaiki oleh mekanik yang berpengalaman.