Skip to content
Home » Warna Kabel Fuel Pump Mio J: Pemahaman dan Cara Memeriksanya

Warna Kabel Fuel Pump Mio J: Pemahaman dan Cara Memeriksanya

Mio J merupakan salah satu motor yang laris di pasaran. Motor ini menjadi favorit karena desainnya yang sporty dan tampilan yang trendy. Salah satu bagian penting dalam motor ini adalah fuel pump. Namun, Anda tahu tidak apa itu fuel pump? Apa itu warna kabel fuel pump mio j? Dan bagaimana cara memeriksanya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Fuel Pump?

Fuel pump merupakan bagian dari sistem bahan bakar pada motor. Fungsi dari fuel pump adalah untuk memompa bahan bakar dari tanki ke karburator atau fuel injector. Fuel pump pada motor mio j biasanya menggunakan kabel sebagai penghubungnya.

Warna Kabel Fuel Pump Mio J

Warna kabel fuel pump mio j bervariasi tergantung pada jenis mio j Anda. Namun, pada umumnya fuel pump mio j memiliki dua kabel. Kabel yang satu berwarna hitam, sedangkan kabel satunya lagi berwarna hijau atau kuning. Kabel hitam merupakan kabel ground, sedangkan kabel hijau atau kuning adalah kabel power.

Cara Memeriksa Fuel Pump Mio J

Untuk memeriksa apakah fuel pump mio j berfungsi dengan baik atau tidak, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Cek terlebih dahulu kondisi kabel fuel pump mio j. Pastikan tidak ada kabel yang putus atau konsleting.

  2. Lepaskan kabel steker dari fuel pump kemudian ambil kabel jumper. Colokkan ujung kabel jumper yang di-strip ke kabel fuel pump hijau atau kuning, lalu colokkan ujung lainnya ke baterai motor.

  3. Jika fuel pump berfungsi dengan baik, maka saat kabel jumper dihubungkan ke baterai, suara fuel pump akan terdengar.

  4. Jika fuel pump tidak berfungsi, maka periksa koneksi pada kabel atau cek apakah fuel pump rusak dan perlu diganti.

BACA JUGA:   Ukuran Klep Vario 125: Penjelasan Lengkap Berdasarkan Expert Otomotif

Adapun warna kabel fuel pump mio j semata-mata hanya sebagai tanda untuk membedakan kabel ground dan kabel power saja.

Kesimpulan

Fuel pump merupakan salah satu komponen penting dalam sistem bahan bakar pada motor mio j. Warna kabel fuel pump mio j terdiri dari kabel hijau atau kuning untuk kabel power dan kabel hitam untuk kabel ground. Untuk memeriksa fuel pump, periksa terlebih dahulu kabel dan cek suara fuel pump saat kabel jumper dihubungkan ke baterai. Semoga dengan penjelasan di atas Anda bisa memahami dan memeriksa fuel pump pada motor mio j dengan benar.