Skip to content
Home » Ukuran Panjang Stang Seher; Pentingnya Pemilihan yang Tepat

Ukuran Panjang Stang Seher; Pentingnya Pemilihan yang Tepat

Pada dunia otomotif, terdapat banyak komponen mesin yang perlu diperhatikan jika ingin memperoleh performa maksimal pada kendaraan anda. Salah satu dari komponen tersebut adalah stang seher atau connecting rod. Stang seher merupakan salah satu komponen penting dalam mesin kendaraan, di mana komponen ini berfungsi sebagai penghubung antara piston dan poros engkol yang merupakan interface dari gerak maju dan mundur piston ke poros engkol. Pemilihan ukuran panjang stang seher yang tepat akan memberikan pengaruh pada performa mesin kendaraan anda.

Ukuran panjang stang seher

Ukuran panjang stang seher tersebut biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu ukuran pin piston, panjang center-to-center (c-c) dan diameter bearing. Ukuran center-to-center adalah jarak antara pusat bearing pada stang seher bagian atas dan bawah. Jadi, semakin pendek ukuran center-to-center akan menjadikan stang seher semakin pendek dan demikian pula sebaliknya.

Sementara itu, ukuran pin piston bergantung pada ukuran lubang piston pada mesin. Ukuran bearing, merupakan ukuran diameter bearing yang digunakan pada komponen stang seher tersebut. Semakin kecil ukuran bearing, maka stang seher akan semakin ringan dan mempunyai minimal gesekan saat bekerja karena beban yang diterima lebih kecil. Namun, semakin kecil ukuran bearing maka komponen tersebut akan mempunyai kemampuan bearing pressure yang kurang baik.

Pentingnya pemilihan ukuran panjang stang seher yang tepat

Pemilihan ukuran panjang stang seher yang tepat akan berpengaruh pada performa kendaraan. Salah satu dampak penting adalah pada tingkat kompresi mesin. Jika panjang stang seher terlalu pendek, maka rasio kompresi akan semakin kecil dan kapasitas mesin mengecil. Dampaknya pula terhadap jalan kaki, karena putaran mesin yang rendah akan mempercepat agresivitas and pedal gas yang terlalu besar, sehingga membebani mesin lebih berat.

BACA JUGA:   Pengalaman Memilih Mobil yang Tepat

Sebaliknya, jika panjang stang seher terlalu panjang, maka tingkat efisiensi yang lebih tinggi dapat dicapai di daerah putaran mesin tinggi. Namun, disisi lain, kapasitas mesin mengecil dengan pengorbanan dari durability mesin yang lebih rendah. Perlu diingat juga bahwa peningkatan putaran mesin di daerah putaran tinggi akan membuat "lag" diatingkatkan yang juga mempengaruhi kualitas jalan di jalanan.

Kesimpulan

Dalam memilih komponen stang seher, harus dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Terlalu pendek atau panjangnya ukuran center-to-center akan mempengaruhi performa mesin kendaraan anda. Oleh karena itu, pemilihan ukuran panjang stang seher yang tepat sangatlah penting. Untuk mendapatkan performa maksimal, pastikan ukuran center-to-center stang seher dapat bekerja secara optimal, dan anda pun akan dapat merasakan perbedaan dalam hal performa dan kenyamanan berkendara.

Jadi, jika anda menyukai otomotif maka pastikan anda memilih stang seher yang sesuai dengan kebutuhan anda, agar kendaraan anda dapat mencapai performa maksimal. Pemilihan ukuran yang tepat membantu mengurangi resiko kerusakan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar pada kendaraan anda.