Skip to content
Home » Ukuran Celah Klep Mio

Ukuran Celah Klep Mio

Mengukur celah klep mio diperlukan agar motormu tetap dapat berjalan optimal dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Celah klep adalah jarak antara tepi atas klep dan tuasnya ketika klep berada di posisi atas dan tutup katup tertutup. Selama pemakaian motor, celah ini bisa berubah dan memerlukan pengaturan ulang.

Mengapa Mengukur Celah Klep Sangat Penting?

Mengukur celah klep sangat penting karena dapat mempengaruhi kinerja mesin. Jika celah klep terlalu sempit, maka mesin akan mengalami overheating. Sebaliknya jika celah klep terlalu lebar, maka pemakaian bahan bakar akan boros. Selain itu, celah klep yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan klep terlalu cepat aus dan membahayakan mesin.

Cara Mengukur Celah Klep Mio

  1. Pastikan mesin dalam kondisi dingin karena suhu mesin yang tinggi dapat menyebabkan perbedaan ukuran celah.
  2. Lepaskan tutup klep dengan menggunakan kunci yang sesuai.
  3. Gunakan kunci pas 8 mm untuk mengukur celah klep. Masukkan kunci pas ke arah celah klep dan periksa ukurannya.
  4. Jika ukuran celah terlalu kecil atau terlalu besar, maka lakukan pengaturan ulang dengan memutar baut penggeser klep menggunakan kunci 10 mm.
  5. Setelah pengaturan ulang dilakukan, periksa ukuran celah klep kembali.

Kesimpulan

Mengukur celah klep mio secara rutin sangat penting agar mesin berjalan dengan optimal dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa untuk mengukur celah klep secara berkala sesuai dengan rekomendasi produsen motormu. Dengan mengukur celah klep secara teratur, kamu dapat merawat motormu dengan baik dan mencegah kerusakan pada mesin.

BACA JUGA:   5 Keuntungan Membeli Mobil Harga Mahal