Skip to content
Home » Ukuran Bearing Kruk As Mio M3: Panduan Lengkap untuk Mengganti Bearing yang Sesuai

Ukuran Bearing Kruk As Mio M3: Panduan Lengkap untuk Mengganti Bearing yang Sesuai

Jika Anda adalah seorang penggemar sejati motor Yamaha Mio M3, maka Anda pasti sudah terbiasa dengan motor yang menawan ini. Namun, seperti banyak motor, Mio M3 Anda juga akan memerlukan perawatan dan penggantian suku cadang dari waktu ke waktu. Salah satu suku cadang yang perlu Anda ganti secara teratur adalah bearing kruk as. Pada artikel ini, kami akan membahas ukuran bearing kruk as Mio M3 dan cara menggantinya.

Mengapa Bearing Kruk As Mio M3 Perlu Diganti?

Bearing kruk as adalah salah satu komponen penting dalam mesin motor. Dalam kasus Mio M3, bearing kruk as berfungsi untuk menggerakkan kruk as, yang pada gilirannya menggerakkan piston. Secara konstan menggerakkan piston membuat bearing ini bekerja tanpa henti, dan seiring waktu, akan mengalami keausan. Jika tidak diganti, bearing yang aus dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin secara keseluruhan.

Ukuran Bearing Kruk As Mio M3: Panduan untuk Memilih Bearing yang Tepat

Ukuran bearing kruk as Mio M3 adalah sebagai berikut:

  • Bagian dalam (diameter poros): 14 mm
  • Bagian luar (diameter tabung): 26 mm
  • Lebar (tebal): 9 mm

Ketika memilih bearing baru untuk Mio M3 Anda, sangat penting untuk memilih bearing yang memiliki ukuran yang tepat. Anda dapat membeli bearing dari dealer resmi Yamaha atau toko suku cadang motor yang terpercaya. Pastikan untuk memeriksa spesifikasi bearing sebelum membelinya.

Cara Mengganti Bearing Kruk As Mio M3: Panduan Step-by-Step

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk mengganti bearing kruk as pada Mio M3 Anda:

  1. Langkah pertama adalah melepaskan kabel busi dan memindahkan mesin motor dari tempatnya. Anda perlu memindahkan mesin karena bearing kruk as berada di dalam mesin.

  2. Setelah mesin terpisah dari rangka, selanjutnya Anda harus membuka tutup mesin (casings). Sebelum itu, pastikan untuk melepas selang bahan bakar dan kabel pengikat kabel gas.

  3. Anda akan melihat kruk as dan bearing yang ingin Anda ganti. Gunakan kunci pas untuk membuka baut yang menahan bearing ke tabung retainer.

  4. Setelah baut dilepas, bersihkan area sekitar bearing. Kemudian, gunakan alat khusus yang disebut bearing puller untuk melepaskan bearing dari kruk as.

  5. Pasang bearing baru dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak merusak bearing atau kruk as.

  6. Anda kemudian perlu menutup kembali casings dan memasang mesin ke rangka. Pastikan semuanya dipasang dengan benar dan terkencang.

  7. Terakhir, pasang kembali kabel busi dan coba nyalakan mesin. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik dan mesin tidak membuat suara yang tidak biasa.

BACA JUGA:   Membran V Force Ninja: Teknologi Tinggi untuk Performa Maksimal

Kesimpulan

Mengganti bearing kruk as dapat menjadi tugas yang menantang bagi pemilik motor Yamaha Mio M3. Namun, dengan memahami ukuran yang tepat dan mengikuti panduan step-by-step, Anda dapat melakukan pekerjaan dengan cepat dan efektif. Jangan lupa untuk memeriksa bearing secara teratur dan menggantinya saat perlu. Dengan melakukan hal ini, Mio M3 Anda akan tetap berjalan dengan baik selama bertahun-tahun yang akan datang.