Skip to content
Home » Tips dan Trik Mobil Towing Motor

Tips dan Trik Mobil Towing Motor

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat membawa motor ke tempat perbaikan karena tidak ada kendaraan yang bisa mengangkut motor tersebut? Jangan khawatir, karena ada solusi untuk masalah tersebut. Dengan mobil towing motor, Anda dapat dengan mudah mengangkut motor ke tempat perbaikan tanpa harus mengeluarkan tenaga yang terlalu banyak.

Namun, sebelum Anda mulai menggunakan mobil towing motor, ada beberapa tips dan trik yang harus Anda ketahui agar pengalaman Anda lebih aman dan nyaman. Berikut adalah tips dan trik mobil towing motor yang harus Anda ketahui.

Pastikan Kendaraan Towing Siap

Sebelum mulai mengangkut motor, pastikan kendaraan towing yang Anda gunakan siap untuk digunakan. Periksa rem, kabel listrik, lampu, dan roda penggeraknya. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan tidak ada masalah yang bisa mengganggu keamanan saat mengangkut motor.

Perhatikan Berat Motor

Sebelum memulai mengangkut motor, pastikan Anda mengetahui berat motor tersebut. Pastikan kendaraan towing yang Anda gunakan mampu menahan beban motor tersebut. Jangan terlalu memaksakan kendaraan towing jika berat motor melebihi kapasitasnya, karena hal tersebut bisa membahayakan keselamatan Anda dan pengendara lain di jalan.

Pastikan Posisi Motor Tepat

Posisikan motor agar berada di tengah atau di atas kendaraan towing sehingga berat motor merata di seluruh kendaraan towing. Jangan letakkan motor terlalu dekat dengan ujung kendaraan towing karena akan menyebabkan kendaraan towing menjadi tidak seimbang dan menyebabkan kecelakaan.

Cek Keamanan Tali Pengikat Motor

Pastikan tali pengikat motor kuat dan tidak mudah putus selama perjalanan. Pastikan juga tali pengikat motor tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Jangan lupa untuk membungkus tali dengan kain atau karet agar tidak merusak permukaan motor.

BACA JUGA:   Towing Car Mobil Harga: Solusi Tangguh Saat Mobil Mogok

Hindari Jalan Berliku

Ketika menggunakan mobil towing motor, hindari jalan yang berliku atau bergelombang. Hal ini akan membuat mobil towing dan motor menjadi tidak stabil dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Pilihlah rute perjalanan yang lebih rata dan aman.

Gunakan Lampu Tambahan

Pasang lampu tambahan di kendaraan towing agar lebih mudah terlihat oleh pengendara lain di jalan. Lampu tambahan juga membantu meminimalisir risiko kecelakaan saat mengangkut motor.

Ikuti Kecepatan yang Disarankan

Ikuti kecepatan yang disarankan oleh produsen kendaraan towing atau kecepatan yang diperbolehkan di jalan. Jangan terlalu memaksakan kendaraan towing agar tidak merusak mesin atau mengganggu keselamatan Anda dan pengendara lain.

Pastikan Kendaraan Towing Tua

Pastikan kendaraan towing yang Anda gunakan dalam kondisi baik sehingga tidak membahayakan keselamatan Anda dan pengendara lain. Pastikan sistem pengereman, sistem listrik, dan mesin kendaraan towing bekerja dengan baik.

Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Bawa perlengkapan seperti tali pengikat, ratunya, dan kunci pas agar Anda siap menghadapi situasi darurat saat mengangkut motor.

Gunakan Layanan Towing Professional

Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki kendaraan towing yang memadai, Anda bisa menggunakan layanan towing professional yang tersedia di sekitar Anda. Dengan menggunakan layanan tersebut, Anda akan mendapatkan pengalaman mengangkut motor yang lebih aman dan nyaman.