Skip to content
Home » Tinggi Lift Noken As Beat Standar: Solusi Mudah untuk Tingkatkan Performa Mesin Anda

Tinggi Lift Noken As Beat Standar: Solusi Mudah untuk Tingkatkan Performa Mesin Anda

Apakah Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan performa mesin kendaraan Anda? Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan memasang tinggi lift noken as beat standar pada kendaraan Anda.

Tinggi lift noken as beat standar merupakan komponen penting dari mesin kendaraan. Noken as sendiri berfungsi untuk mengontrol dan membuka katup masuk dan keluar pada mesin kendaraan. Tinggi lift noken as beat standar, pada dasarnya, mengacu pada jarak vertikal yang ditempuh piston saat noken as bergerak.

Dalam pembahasan ini, kita akan fokus pada mengapa tinggi lift noken as beat standar dapat meningkatkan performa mesin kendaraan Anda.

Apa itu Tinggi Lift Noken As Beat Standar?

Tinggi lift noken as beat standar adalah nilai yang menunjukkan jarak vertikal piston pada saat klep di buka dan posisi awal klep pada saat piston berada pada TDC (Top Dead Center). Semakin tinggi lift noken as, maka semakin besar juga pembukaan katup pada mesin kendaraan.

Pada umumnya, tinggi lift noken as beat standar dibuat sedemikian rupa oleh pihak produsen kendaraan untuk mengatur aliran udara pada mesin. Namun, penggunaan kendaraan yang berbeda-beda, seperti penggunaan dengan beban yang berat atau saat melakukan akselerasi, sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Hal ini bisa membuat performa mesin terasa kurang memuaskan.

Mengapa Harus Memasang Tinggi Lift Noken As Beat Standar Pada Kendaraan Anda?

Pemasangan tinggi lift noken as beat standar pada kendaraan Anda dapat meningkatkan performa mesin Anda secara signifikan. Beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah memasang tinggi lift noken as beat standar antara lain:

1. Meningkatkan Tenaga Mesin

Ketika menggunakan tinggi lift noken as beat standar yang lebih tinggi, pembukaan dan penutupan katup menjadi lebih maksimal. Aliran bahan bakar dan udara pada mesin kendaraan akan lebih sempurna sehingga tenaga mesin yang dihasilkan pun semakin besar.

BACA JUGA:   Slider Mio M3: Memperkuat Karakter Riding Anda

2. Meningkatkan Respons Throttle

Dengan meningkatkan tenaga mesin, respons throttle kendaraan Anda pun akan meningkat. Cara kerja Throttle sendiri adalah mengatur banyaknya aliran bahan bakar yang masuk ke dalam mesin. Dengan meningkatkan tenaga mesin, maka aliran bahan bakar yang masuk pun menjadi lebih padat sehingga respons throttle pun akan terasa lebih baik.

3. Lebih Hemat Bahan Bakar

Dalam beberapa kasus, pemasangan tinggi lift noken as beat standar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Ini disebabkan karena aliran udara yang lebih maksimal pada mesin kendaraan akan membuat pembakaran bahan bakar menjadi lebih sempurna sehingga penggunaan bahan bakar pun menjadi lebih hemat.

4. Meningkatkan Suara Mesin

Anda mungkin berpikir bahwa jika memasang tinggi lift noken as beat standar yang lebih tinggi dapat membuat mesin kendaraan Anda terdengar lebih bising. Namun, kenyataannya adalah hal sebaliknya. Dengan menggunakan tinggi lift noken as yang tepat, suara mesin dapat menjadi lebih halus dan merdu.

Kendaraan Apa Saja yang Cocok untuk Dipasangi Tinggi Lift Noken As Beat Standar?

Pemasangan tinggi lift noken as beat standar dapat dilakukan pada kendaraan apapun, terutama untuk kendaraan yang memang digunakan secara khusus untuk perlombaan atau balap.

Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan sehari-hari, penting untuk memilih tinggi lift noken as beat standar yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Terlalu tinggi lift noken as dapat membuat mesin kendaraan kurang stabil dan memperpendek umur mesin Anda.

Kesimpulan

Tinggi lift noken as beat standar dapat meningkatkan performa mesin kendaraan Anda secara signifikan, terutama dalam hal pembukaan dan penutupan katup yang lebih maksimal. Namun, pastikan untuk memilih tinggi lift noken as yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

BACA JUGA:   Mahir dalam Automotif: Dapatkan Informasi Penting tentang Bohlam Depan Verza

Dengan memasang tinggi lift noken as beat standar, Anda akan merasakan banyak manfaat, seperti peningkatan tenaga mesin, meningkatnya respons throttle, hemat bahan bakar, dan mesin yang lebih halus. Jadi, jangan ragu untuk memasangkan tinggi lift noken as beat standar pada kendaraan Anda agar berkendara lebih menyenangkan dan aman.