Skip to content
Home » Throttle Artinya: Memahami Fungsi dan Jenis Throttle pada Kendaraan

Throttle Artinya: Memahami Fungsi dan Jenis Throttle pada Kendaraan

Throttle merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor, baik itu motor maupun mobil. Secara sederhana, throttle berfungsi untuk mengatur jumlah udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar mesin. Dengan throttle yang berfungsi dengan baik, maka kendaraan akan memperoleh performa yang maksimal. Namun, bagi orang awam, mungkin masih bingung dengan apa itu throttle artinya dan jenis-jenis throttle apa saja yang digunakan pada kendaraan. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai fungsi dan jenis-jenis throttle yang umum digunakan pada kendaraan.

Fungsi Throttle pada Kendaraan

Throttle berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar mesin. Saat pedal gas atau throttle dipompa, maka sensor throttle akan membuka pintu throttle sehingga udara dan bahan bakar bisa masuk ke mesin. Semakin besar pembukaan throttle, maka semakin banyak udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar mesin, sehingga akan mempercepat putaran mesin dan memperoleh daya yang besar.

Jenis-Jenis Throttle pada Kendaraan

  1. Cable Throttle

Cable throttle atau throttle kabel merupakan jenis throttle yang menggunakan kabel sebagai penghubung antara pedal gas dengan throttle body. Saat pedal gas ditekan, maka kabel akan menarik throttle body sehingga membuka pintu throttle. Kelebihan dari jenis throttle kabel ini yaitu respon gas lebih linier dan lebih murah dibandingkan dengan jenis throttle elektronik.

  1. Electronic Throttle Control (ETC)

Jenis throttle yang satu ini menggunakan sensor dan motor untuk mengatur pembukaan pintu throttle. Saat pedal gas ditekan, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke ECU yang akan mengatur motor untuk membuka pintu throttle. Kelebihan dari jenis throttle elektronik yaitu lebih presisi dan cenderung lebih hemat bahan bakar.

  1. Drive-By-Wire (DBW)
BACA JUGA:   Fuel Pump Vixion: Solusi Untuk Mengatasi Masalah Bahan Bakar Pada Sepeda Motor

DBW adalah jenis throttle elektronik terbaru yang menggunakan sensor untuk mendeteksi gerakan pedal gas. Saat pedal gas ditekan, sensor DBW akan memberikan sinyal ke ECU untuk membuka pintu throttle. Kelebihan dari jenis DBW yaitu lebih presisi, lebih irit bahan bakar dan memiliki respon yang sangat cepat.

Kesimpulan

Dalam memilih jenis throttle untuk kendaraan, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Untuk kendaraan sehari-hari, jenis throttle kabel sudah cukup baik dan ekonomis. Namun, jika ingin memperoleh presisi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, maka jenis throttle elektronik seperti DBW dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Sekian pembahasan mengenai throttle artinya dan jenis-jenis throttle pada kendaraan. Dengan mengetahui fungsi serta keunggulan dari masing-masing jenis throttle, diharapkan dapat membantu dalam memilih jenis throttle yang cocok untuk kendaraan Anda.