Skip to content
Home ยป Takaran Oli Shock Depan Mio J: Panduan Lengkap

Takaran Oli Shock Depan Mio J: Panduan Lengkap

Membahas tentang kendaraan bermotor, tentunya tak lepas dari perawatan khususnya pada bagian mesin. Namun, jangan lupakan pula perawatan pada sistem suspensi. Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah penggunaan oli untuk shock depan. Pada artikel ini, kami akan membahas takaran oli shock depan mio j yang tepat.

Apa itu Shock Depan?

Terlebih dahulu, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu shock depan. Shock depan adalah salah satu sistem suspensi pada kendaraan roda dua seperti motor. Fungsinya adalah untuk menyerap tekanan atau getaran ketika motor melaju melalui jalan yang bergelombang atau berlubang. Shock depan yang baik dapat memastikan kenyamanan berkendara serta keamanan pengendara.

Pentingnya Perawatan Shock Depan

Perawatan shock depan tidak kalah penting dibandingkan dengan perawatan mesin. Pasalnya, shock depan yang kurang dalam performa dapat mengganggu kenyamanan berkendara serta mengurangi keamanan pengendara. Tak hanya itu, juga bisa menyebabkan kerusakan lebih besar pada sistem suspensi lainnya.

Takaran Oli Shock Depan Mio J

Takaran oli shock depan mio j sebanyak 145 mL untuk satu buah shock depan. Selain itu, perlu diingat juga untuk memili oli shock depan dengan kualitas terbaik agar performa shock depan tetap optimal dan awet.

Cara Mengganti Oli Shock Depan Mio J

Berikut cara mengganti oli shock depan mio j:

  1. Bersihkan keseluruhan bagian shock depan dari debu dan kotoran.
  2. Lepaskan penutup shock depan dan kemudian lepaskan oli yang ada di dalamnya menggunakan obeng atau kunci yang sesuai.
  3. Kocok botol oli hingga tercampur rata.
  4. Masukkan oli ke dalam shock depan melalui ruang khusus yang tersedia hingga mencapai takaran yang tepat. Pastikan oli terdistribusi merata dalam shock depan.
  5. Pasang kembali penutup shock depan dan baut pengunci.
BACA JUGA:   Kendaraan Masa Depan: Mobil Listrik

Kesimpulan

Menjaga performa shock depan tak hanya dilihat dari hasil penggantian oli shock depan, namun juga perlu diperhatikan perawatan lainnya seperti periksa kembali kekuatan per dan urutan pemasangan shock depan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada sistem suspensi agar performa sama-sama maksimal dan nyaman saat digunakan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda telah memastikan ride quality yang optimal dan aman.