Skip to content
Home ยป Standar Tengah Grand: Kelebihan dan Kekurangan

Standar Tengah Grand: Kelebihan dan Kekurangan

Menjadi kendaraan yang serbaguna dan dapat menampung banyak orang, mobil MPV atau multi-purpose vehicle semakin populer di Indonesia. Salah satu mobil MPV yang sering menjadi pilihan adalah Toyota Kijang Innova Standar Tengah Grand. Mobil ini menawarkan kelebihan yang cukup menarik untuk dipertimbangkan. Namun, seperti halnya kendaraan lain, mobil ini juga memiliki kekurangan. Mari kita bahas secara detail tentang Standar Tengah Grand ini.

Kelebihan Standar Tengah Grand

Desain Luar yang Menawan

Saat melihat mobil MPV, desain yang menawan sangat penting. Standar Tengah Grand memiliki desain yang simpel namun elegan. Dilengkapi dengan grill depan yang memukau, mobil ini juga memiliki projector headlamp yang membuatnya terlihat sporty. Belum lagi dengan spion model baru, dan lampu belakang LED yang membuat Standar Tengah Grand tetap terlihat elegan meskipun mobil ini sudah beberapa tahun beredar.

Interior yang Luas dan Nyaman

Interior Standar Tengah Grand sangatlah luas dan nyaman. Kapasitas maksimumnya adalah 8 orang dengan konfigurasi kursi yang fleksibel. Mobil ini juga dilengkapi dengan AC ganda yang membuat penumpangnya merasa nyaman meskipun dalam cuaca yang panas. Selain itu, Standar Tengah Grand juga memiliki fitur entertainment seperti layar touchscreen 7 inci dan sistem audio 6 speaker yang akan membuat penumpangnya senang selama perjalanan.

Mesin yang Tangguh dan Hemat Bahan Bakar

Mobil MPV haruslah memiliki mesin yang tangguh dan hemat bahan bakar. Standar Tengah Grand hadir dengan mesin Diesel VNT yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 150 Ps pada 3400 rpm serta torsi maksimum 36.7 kgm pada 1200-2800 rpm. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Diesel Common Rail (DCR) yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat.

BACA JUGA:   Cara Mengganti Kampas Ganda Beat Karbu

Kekurangan Standar Tengah Grand

Harga yang Mahal

Salah satu kekurangan Standar Tengah Grand adalah harganya yang cukup mahal. Mobil ini memiliki harga jual sekitar Rp 400 jutaan untuk varian diesel, sementara untuk varian bensin harganya mencapai angka Rp. 300 jutaan. Harga ini cukup tinggi dibandingkan dengan pesaingnya di kelas yang sama.

Suspensi Belakang yang Keras

Suspensi belakang Standar Tengah Grand terbuat dari balok torsion beam yang cukup keras, sehingga membuat mobil ini terasa tidak nyaman saat melewati jalan bergelombang atau berlubang. Memang, suspensi seperti ini dapat meningkatkan stabilitas mobil, tapi tentu saja membuatnya kurang nyaman bagi penumpang.

Fitur Keselamatan yang Kurang Lengkap

Sayangnya, Standar Tengah Grand tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan yang sebanyak model-model lain di kelasnya. Mobil ini hanya dilengkapi dengan fitur ABS dan dual SRS airbag. Hal ini merupakan kekurangan yang cukup signifikan karena kesesuaian fitur keselamatan dengan harga mobil sangatlah penting.

Kesimpulan

Meskipun Standar Tengah Grand memiliki harga yang cukup mahal dan fitur keselamatan yang kurang lengkap, mobil MPV ini dapat menjadi pilihan yang menarik karena desain yang menawan, interior yang luas dan nyaman, serta mesin yang tangguh dan hemat bahan bakar. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kekurangannya sebelum membuat keputusan untuk membeli mobil ini.