Skip to content
Home » Solusi untuk Supra X 125 yang Bunyi Kletek Kletek

Solusi untuk Supra X 125 yang Bunyi Kletek Kletek

Mungkin banyak dari kita yang pernah mengalami motor kesayangan, Supra X 125 yang mulai mengeluarkan suara kletek kletek. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan membuat para pengendara merasa tidak nyaman saat berkendara. Sebenarnya suara kletek kletek pada Supra X 125 ini disebabkan oleh banyak faktor, namun berikut adalah beberapa faktor penyebab utama dan solusinya:

Faktor Penyebab

1. Pergantian Oli yang Tidak Rutin

Pergantian oli yang tidak rutin dapat menyebabkan kotoran dan sisa pembakaran menumpuk pada mesin, sehingga membuat mesin menjadi berat dan gesekan pada bagian-bagian mesin semakin tinggi. Hal ini menyebabkan suara kletek kletek pada motor dan menurunkan kekuatan mesin.

2. Karburator yang Tidak Dibersihkan

Karburator yang tidak dibersihkan secara rutin dapat menyebabkan saluran udara tersumbat. Akibatnya, udara yang masuk ke mesin menjadi berkurang dan campuran bahan bakar dan udara tidak menyatu dengan baik. Kondisi ini juga dapat menimbulkan suara kletek kletek pada motor.

3. Kampas Kopling yang Aus atau Licin

Kampas kopling yang aus atau licin dapat menyebabkan komponen pada mesin tidak bekerja dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan suara kletek kletek pada motor ketika digas karena ketidakmampuan mesin untuk mentransfer tenaga yang dihasilkan.

4. Timing Chain yang Mulai Aus atau Longgar

Timing Chain yang sudah aus atau longgar dapat menyebabkan ketidaksempurnaan pergerakan piston dan klep di dalam mesin. Hal ini dapat menyebabkan suara kletek kletek pada motor.

Solusi

1. Rutin Mengganti Oli

Untuk menghindari suara kletek pada Supra X 125, maka jangan lupa untuk rutin melakukan pergantian oli setiap 2000 km. Hindari juga menggunakan oli yang murahan.

2. Rutin Membersihkan Karburator

Selain rutin mengganti oli, rutin membersihkan karbu juga sangat penting. Bersihkan karbu setiap 2000 km atau 3 bulan sekali menggunakan cairan khusus karburator.

BACA JUGA:   Harga Excavator Sany SY215C: Keuntungan Membeli Alat Berat Berkualitas Tinggi

3. Mengecek dan Mengganti Kampas Kopling

Jika kampas kopling sudah aus atau licin, maka sebaiknya segera mengganti dengan kampas kopling yang baru.

4. Mengecek dan Mengganti Timing Chain

Jika timing chain sudah mulai aus atau longgar, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Hati-hati memilih timing chain, pastikan memilih produk yang berkualitas agar mesin motor tidak cepat rusak.

5. Selalu Perawatan Secara Rutin

Last but not least, untuk menjaga kondisi mesin tetap prima dan menghindari suara kletek kletek pada mesin Supra X 125, jangan lupa melakukan perawatan secara rutin. Kunjungi bengkel resmi untuk pemeriksaan berkala setiap 5000 km atau lebih sering.

Semoga artikel ini dapat membantu pecinta motor Supra X 125 dalam mengatasi suara kletek kletek yang sering terjadi pada mesin. Jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan agar motor berjalan lebih lancar dan nyaman untuk dikendarai.