Skip to content
Home » Solusi Terbaik untuk Memperbaiki Aki Mobil yang Basah atau Terendam

Solusi Terbaik untuk Memperbaiki Aki Mobil yang Basah atau Terendam

Jika kendaraan Anda terkena banjir atau aki mobil basah karena kebocoran, Anda akan memerlukan bantuan untuk memperbaikinya. Aki mobil yang basah atau terendam bisa menjadi masalah yang sangat membingungkan bagi pemilik mobil, terutama jika tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya. Terus membaca untuk mengetahui solusi terbaik dalam memperbaiki aki mobil yang basah atau terendam.

Langkah Penting dalam Memperbaiki Aki Mobil yang Basah atau Terendam

Ketika Anda menemukan aki mobil terendam atau basah, tindakan pengeringan awal harus dilakukan secepat mungkin. Berikut beberapa langkah penting dalam memperbaiki aki mobil yang basah atau terendam:

1. Matikan Mesin Mobil

Jangan memulai mesin mobil jika aki terendam atau basah. Karena mesin mobil terhubung dengan sistem pengisian aki yang menyebabkan aki basah atau terendam, memulai mesin akan memperburuk kerusakan aki mobil.

2. Lepaskan Aki dari Kendaraan

Lepaskan terminal positif dan negatif pada aki dengan hati-hati, pastikan bahwa tang tidak menyentuh bagian lain dari aki yang masih terhubung ke kendaraan. Jangan menggunakan kabel tertentu untuk mencoba mengakhiri hubungan aki.

3. Bersihkan Bagian Luar Aki yang Basah

Bersihkan bagian luar aki dengan kain yang kering dan bersih untuk menghilangkan kelembaban dari aki. Pastikan bahwa terminal dan jangkar aki dibersihkan dan dikeringkan dengan baik.

4. Keringkan Aki Secara Alami

Biarkan aki mengering secara alami selama beberapa jam hingga kelembaban hilang. Jangan mencoba mengeringkan aki dengan pengering rambut atau alat lainnya karena dapat merusak aki.

5. Charge Aki

Charge aki menggunakan charger aki profesional dan pastikan memeriksa tegangan saat mengisi daya. Jangan mencoba mengisi daya aki dengan kabel pengisi daya mobil, karenan hal itu berpotensi merusak aki.

BACA JUGA:   Setelan Kopling RX King: Inilah Yang Perlu Anda Ketahui

6. Uji Aki

Setelah charge slesai, uji aki untuk memastikan aki berfungsi normal.

Kesimpulan

Memperbaiki aki mobil yang basah atau terendam dapat menjadi tugas yang memakan waktu dan rumit. Untuk memastikan aki mobil Anda berfungsi dengan baik, pastikan mengikuti langkah-langkah yang diberikan dengan hati-hati. Jika Anda merasa kesulitan atau tidak yakin, selalu disarankan untuk menghubungi teknisi profesional.