Skip to content
Home » Skema Kelistrikan RX King Yamaha

Skema Kelistrikan RX King Yamaha

Jika Anda seorang pecinta motor, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Yamaha RX King. Motor yang legendaris ini memiliki performa yang tangguh dan sangat menyenangkan untuk dikendarai. Namun, seperti halnya motor lainnya, Yamaha RX King juga memiliki sistem kelistrikan yang kompleks. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas skema kelistrikan RX King Yamaha secara lengkap.

Bagian-bagian Kelistrikan RX King

Sebelum membahas skema kelistrikan RX King, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu bagian-bagian kelistrikannya. Beberapa bagian penting dalam sistem kelistrikan RX King antara lain adalah:

  • Aki
  • Kumparan stator
  • Kumparan pulser
  • ECU (Electronic Control Unit)
  • CDI (Capacitor Discharge Ignition)
  • Regulator/rectifier

Aki merupakan sumber tenaga listrik yang disimpan dan dibangkitkan dalam bentuk kimia. Aki akan memberikan arus listrik untuk menghidupkan motor. Kumparan stator dan kumparan pulser berguna untuk menghasilkan listrik yang akan diubah menjadi sinyal ke ECU. ECU adalah pengendali sistem injeksi dan mengatur campuran bahan bakar dan udara agar mencapai performa yang optimal. CDI bertugas untuk memicu busi dan membakar campuran bahan bakar dan udara. Sementara itu regulator/rectifier adalah alat yang digunakan untuk mengatur dan mengubah tegangan listrik dari kumparan stator, untuk mengisi aki dan menghidupkan sistem listrik lainnya.

Skema Kelistrikan RX King

Sekarang, mari kita coba membahas skema kelistrikan RX King. Skema kelistrikan RX King dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Kelistrikan pengapian
  2. Kelistrikan sistem injeksi
  3. Kelistrikan lampu

Kelistrikan Pengapian

Kelistrikan pengapian pada RX King terdiri dari sistem CDI dan kumparan pulser. Proses pengapian dimulai ketika kumparan pulser membangkitkan sinyal listrik yang diteruskan ke CDI. CDI kemudian akan mengatur waktu pengapian dan mengirimkan sinyal ke koil pengapian. Koil ini akan mengubah tegangan listrik yang rendah menjadi tinggi, sehingga busi dapat menyala dan membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

BACA JUGA:   Mengenal Bos Nap Gir RX King Sebagai Bagian Penting Mesin Motorcycle Anda

Kelistrikan Sistem Injeksi

Untuk kelistrikan sistem injeksi, RX King menggunakan sistem ECU. ECU menerima sinyal dari sensor-sensor yang terpasang di beberapa tempat, seperti sensor tekanan udara, sensor suhu, sensor posisi throtle, dan sensor posisi engkol. Dari sinyal ini, ECU akan mengatur banyaknya bahan bakar yang masuk melalui fuel injector, sehingga campuran bahan bakar dan udara tetap seimbang. ECU juga dapat mengatur performa mesin, seperti pengapian dan pembukaan katup.

Kelistrikan Lampu

Kelistrikan lampu pada RX King cukup sederhana. Ada beberapa jenis lampu yang terpasang pada motor ini, seperti lampu utama, lampu sein, dan lampu rem. Semua lampu ini terhubung dengan aki dan diatur oleh switch. Untuk pengisian aki, kumparan stator akan menghasilkan listrik yang kemudian diatur oleh regulator/rectifier.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas skema kelistrikan RX King Yamaha secara lengkap. Dengan mengetahui bagian-bagian kelistrikan dan skema kelistrikan secara detail, Anda akan dapat memperbaiki kerusakan pada sistem kelistrikan RX King dengan lebih mudah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merawat atau memperbaiki RX King Anda.