Skip to content
Home » Setting Speedometer Aerox 155

Setting Speedometer Aerox 155

Jika Anda adalah penggemar motor Yamaha Aerox 155, mungkin Anda ingin mengetahui cara mengatur kecepatan pada speedometer Aerox 155. Hal ini dapat membantu Anda mengontrol kecepatan motor sesuai dengan batas yang diizinkan dan menghindari penalti dari polisi. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara mengatur speedometer Aerox 155.

Pertama-tama, persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Sebelum mengatur speedometer Aerox 155, ada beberapa alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan, yaitu:

  • Kunci pas 10mm
  • Tukul kecil
  • Kain lap
  • Oli pelumas
  • Busa pembersih

Pastikan Anda telah mempersiapkan semua alat dan bahan di atas sebelum memulai proses mengatur speedometer.

Langkah-langkah mengatur speedometer Aerox 155

Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap untuk mengatur speedometer Aerox 155:

  1. Pertama, matikan mesin motor dan pastikan motor dalam keadaan stabil. Kemudian, lepaskan tabung meter dari bracket mounting dengan membuka mur di bawah tabung meter menggunakan kunci pas 10mm.

  2. Setelah berhasil melepaskan tabung meter dari bracket mounting, periksa apakah soket kabel penghubung telah terpasang dengan baik atau belum, kemudian pasang kembali soket kabel penghubung yang sudah diperiksa dengan baik tadi.

  3. Langkah selanjutnya adalah mengatur speedometer. Untuk mengatur speedometer, Anda perlu membuka bagian belakang tabung meter. Untuk membukanya, gunakan tukul kecil dan tidak perlu menggunakan kunci pas.

  4. Setelah berhasil membuka bagian belakang tabung meter, dapatkan oli pelumas untuk mengurangi gesekan pada bagian yang akan digerakkan. Gunakan busa pembersih untuk membersihkan sudut-sudut pada bagian dalam tabung tadi.

  5. Ambil resistor saat mengatur meteran. Saat menggerakkan pinion, perkecil atau perbesar jarak antara resistornya. Bila selesai, rapatkan kembali semua bagian yang sudah dibuka tadi.

  6. Setelah berhasil mengatur speedometer, pasang kembali bagian belakang pada tabung meter. Lalu, pasang kembali tabung meter ke bracket mounting dan kencangkan mur yang sebelumnya dilepas tadi.

  7. Langkah terakhir adalah menghidupkan mesin motor dan pastikan speedometer Aerox 155 sudah berfungsi dengan normal seperti semula.

BACA JUGA:   Mengetahui Mobil Honda Ragat CB dengan Profesional

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap tentang cara mengatur speedometer Aerox 155. Sebagai penggemar motor Yamaha, pastikan Anda selalu mengikuti panduan pengaturan yang benar dan selalu berhati-hati saat berkendara di jalan raya. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa motor Anda dalam keadaan baik dan layak jalan sebelum memulai perjalanan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat berkendara dengan aman!