Skip to content
Home » RX King Tahun 81: Sejarah Legendaris Motor Indonesia

RX King Tahun 81: Sejarah Legendaris Motor Indonesia

RX King tahun 81 adalah salah satu motor legendaris di Indonesia dan telah menjadi pusaka bagi penggemar motor. Motor ini sangat populer di Indonesia dengan bentuk yang unik dan terkenal karena suara knalpotnya yang khas. RX King diproduksi oleh Yamaha dan menjadi motor paling terkenal di era 80-an.

Sejarah RX King

RX King diluncurkan pada tahun 1981 sebagai pengganti dari model sebelumnya, Yamaha RX-S. Motor ini diluncurkan dengan bentuk yang berbeda dan desain yang lebih modern. Asal mula nama "King" disematkan pada motor ini berasal dari kekuatan mesinnya yang membuatnya menjadi motor paling cepat pada saat itu.

Desain Motor

Desain RX King terinspirasi dari motor Kawasaki Z1R. Motor ini memiliki bentuk yang agresif dan maskulin dengan rangka berupa pipa tembaga dan airbrush biru putih pada tangki bahan bakar. RX King tahun 81 mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 km/h dengan kecepatan 120 km/h. Motor ini dilengkapi dengan sistem pengabut bahan bakar di dalam busi dan sistem Shockbreaker belakang yang dapat diatur.

Pengaruh RX King Terhadap Industri Motor Indonesia

RX King memiliki pengaruh besar terhadap industri motor Indonesia. Motor ini sangat populer dan menjadi ikon budaya pop di Indonesia. RX King merupakan produk otomotif pertama yang dihasilkan dari Indonesia yang berhasil membanjiri pasar Asia Tenggara. Meskipun tidak diproduksi lagi, RX King tetap menjadi magnet bagi orang-orang yang ingin mengoleksi motor legendaris.

Kesimpulan

RX King tahun 81 merupakan salah satu motor legendaris di Indonesia yang tidak pernah lekang oleh waktu. Motor ini memiliki sejarah yang panjang dan pengaruh besar terhadap perkembangan industri motor di Indonesia. Dengan bentuk yang klasik dan desain yang unik, RX King masih menjadi pusaka bagi para penggemar motor. Jika Anda memiliki RX King tahun 81 yang masih terawat, Anda pasti bersyukur karena memiliki motor legendaris yang dikenal di seluruh dunia.

BACA JUGA:   Perbedaan Jarum Skep Panjang dan Pendek