Skip to content
Home » RX King Tahun 1980: Sejarah Legendaris Sepeda Motor Indonesia

RX King Tahun 1980: Sejarah Legendaris Sepeda Motor Indonesia

Pada tahun 1980, Yamaha mengeluarkan sepeda motor legendaris yang masih terkenal hingga saat ini, RX King. RX King dikenal sebagai sepeda motor legendaris karena ketangguhannya yang cocok untuk penggunaan di jalan raya maupun di jalanan perkotaan.

Sejarah RX King

RX King pertama kali diperkenalkan oleh Yamaha pada tahun 1980. Dengan kapasitas mesin 133 cc, RX King ditenagai oleh mesin 2 tak yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 14 horsepower. Sebagai sepeda motor yang dirancang untuk penggunaan jalan raya, RX King memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang besar dan kokoh, cocok untuk perjalanan jarak jauh yang melelahkan.

Namun, mesin 2 tak RX King juga memiliki kelemahan, yaitu pemakaian bahan bakar yang boros dan meninggalkan jejak polusi yang besar. Karena itu, Yamaha kemudian mengembangkan teknologi mesin 4 tak yang lebih ramah lingkungan.

Meskipun tidak lagi diproduksi oleh Yamaha, RX King masih terus dihargai oleh pecinta sepeda motor Indonesia hingga saat ini karena keandalannya yang tak terkalahkan dan sejarahnya yang legendaris.

Desain RX King yang Ikonik

RX King memiliki desain yang khas dan ikonik dengan bentuk bodi depan yang ramping dan kokoh serta lampu depan bundar di tengahnya. Bagian belakang RX King dilengkapi dengan knalpot yang panjang dan melekat di samping roda belakang. Desain tail lamp RX King juga menjadi ciri khas yang tak terlupakan.

Tampilan sederhana dan kokoh RX King membuatnya populer pada masanya dan masih menjadi idola pecinta sepeda motor vintage hingga saat ini.

Performa Mesin RX King

Dengan mesin 2 tak, RX King memiliki akselerasi dan kecepatan tinggi, cocok untuk penggunaan di jalanan raya serta dalam kegiatan balap liar. Namun, mesin 2 tak memiliki kelemahan dari segi efisiensi bahan bakar dan penggunaan oli yang lebih sering.

BACA JUGA:   Ukuran Bearing Roda Motor

Mesin RX King kemudian disempurnakan dengan penggunaan teknologi mesin 4 tak untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi udara. Mesin 4 tak RX King ini adalah hasil pengembangan teknologi dan keunggulan produk Yamaha dalam menghasilkan sepeda motor andal dengan teknologi terbaik.

Kesimpulan

RX King merupakan sepeda motor legendaris yang tidak dapat dilupakan oleh masyarakat Indonesia hingga kini. Meskipun diperkenalkan pada tahun 1980, desainnya yang khas dan keandalannya membuatnya tetap dipuja dan banyak diinginkan oleh pecinta sepeda motor Indonesia.

Terlepas dari kerugian dalam pemakaian bahan bakar, Yamaha memperkenalkan sepeda motor terbaik dengan teknologi mesin 4 tak yang ramah lingkungan seperti halnya RX King generasi terkini. Oleh karena itu, RX King menjadi bagian dari sejarah perjalanan perusahaan Yamaha dalam menghasilkan sepeda motor berkualitas tinggi di Indonesia.