Skip to content
Home » Rumus Hitung CC: Cara Mudah Mengetahui Kapasitas Mesin Mobil Anda

Rumus Hitung CC: Cara Mudah Mengetahui Kapasitas Mesin Mobil Anda

Apakah Anda penasaran dengan kapasitas mesin mobil Anda? Tidak perlu khawatir, karena di artikel ini saya akan memberikan informasi tentang rumus hitung CC yang sangat mudah dipahami.

Apa itu CC?

Sebelum masuk ke rumus hitung CC, pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu apa itu CC. CC adalah singkatan dari cubic centimeter atau dalam bahasa Indonesia disebut sentimeter kubik. Ini adalah ukuran volume ruang bakar di dalam mesin kendaraan, yang menentukan berapa banyak bahan bakar dan udara yang dapat terbakar di dalamnya saat mesin dioperasikan.

Cara Menghitung CC

Rumus hitung CC tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengukur volume ruang bakar mesin dan mengalikan dengan jumlah silinder mesin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ukur diameter piston dan stroke mesin.

  2. Gunakan rumus V = π r² x S (rumus untuk menghitung volume silinder) untuk mengetahui volume satu silinder. Karena kita ingin menghitung total volume mesin kendaraan kita, maka kita harus mengalikan volume satu silinder dengan jumlah silinder mesin yang dimiliki kendaraan kita.

  3. Setelah mengetahui total volume mesin kendaraan kita, langkah selanjutnya adalah mengkonversi angka tersebut ke CC. Untuk itu, kita harus mengalikan volume dengan 1000 (karena 1 liter = 1000 sentimeter kubik). Misalnya, jika volume mesin kendaraan kita adalah 2,0 liter, maka kita dapat mengalikan dengan faktor konversi 1000 x 2,0 = 2000 CC.

Mengapa Penting Mengetahui Kapasitas Mesin Kendaraan Anda

Mengetahui kapasitas mesin kendaraan kita sangat penting untuk beberapa alasan, seperti:

  • Memperhitungkan biaya pajak kendaraan
  • Mengetahui jumlah bahan bakar dan oli yang tepat yang diperlukan kendaraan kita
  • Mengetahui kemampuan mesin kendaraan dalam menghasilkan tenaga dan torsi

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara menghitung kapasitas mesin mobil Anda menggunakan rumus hitung CC yang sederhana. Selain itu, Anda juga sudah mengetahui pentingnya mengetahui kapasitas mesin kendaraan kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam merawat kendaraan Anda dengan lebih baik. Terima kasih telah membaca artikel ini!

BACA JUGA:   DETAILS Diamater Piston Ninja 250 Mono yang Mempengaruhi Performa Mesin