Skip to content
Home ยป Rem Belakang Matic Tidak Pakem: Keuntungan dan Cara Perawatan yang Tepat

Rem Belakang Matic Tidak Pakem: Keuntungan dan Cara Perawatan yang Tepat

Mobil matic saat ini menjadi pilihan banyak pengguna kendaraan karena dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara. Saat berkendara dengan mobil matic, salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan adalah rem belakang atau rear brake.

Rem belakang pada mobil matic sering dianggap menjadi masalah karena sering disebut "tidak pakem". Hal ini disebabkan karena sistem rem yang digunakan pada mobil matic berbeda dengan mobil manual. Walaupun begitu, rem belakang pada mobil matic tetap menjadi komponen penting yang harus selalu dipelihara dan diperiksa secara berkala.

Keuntungan menggunakan rem belakang matic

Rem belakang matic memiliki keunggulan dibandingkan rem belakang mobil manual, antara lain:

  1. Pengendalian yang lebih mudah
    Rem belakang matic terhubung dengan transmisi kendaraan sehingga ketika menekan pedal rem, rem depan dan belakang akan bekerja bersamaan, sehingga pengendalian mobil akan lebih mudah dan mudah dikendalikan.

  2. Tahan lama
    Rem belakang matic memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan rem belakang mobil manual karena bekerja dengan sistem hidrolik yang lebih presisi.

Cara perawatan yang tepat

Terdapat beberapa cara untuk memelihara rem belakang matic agar tetap berfungsi dengan baik, antara lain:

  1. Pengecekan secara rutin
    Pengecekan harus dilakukan secara rutin, termasuk pengecekan keausan kampas rem, kondisi pelat pengereman, cek kebocoran atau kerusakan pada sistem hidrolik.

  2. Menggunakan kampas rem yang berkualitas
    Menggunakan kampas rem yang berkualitas akan berdampak pada daya cengkeram yang lebih baik dan tida terjadi gejala rem blong.

  3. Jangan terlalu sering mengerem "menahan"
    Mengerem dengan cara menahan, yakni ketika mengurangi kecepatan dengan cara memperlambat mobil dengan menekan pedal rem tanpa melepaskannya, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem rem belakang matic. Sebaiknya, gunakan rem secara bertahap dan konsisten.

  4. Jangan menyalakan mobil terlalu sering di tanjakan
    Menyalakan mobil terlalu sering di tanjakan dapat membuat suhu pada kampas rem belakang matic menjadi lebih panas, hal ini dapat mempercepat keausan pada komponen.

BACA JUGA:   Mobil Mewah untuk Pencinta Otomotif

Kesimpulan

Rem belakang matic adalah komponen penting pada mobil matic yang harus selalu diperiksa dan dipelihara dengan baik untuk menjaga kesehatan kendaraan. Meskipun sering disebut "tidak pakem", namun sebenarnya rem belakang matic memiliki kelebihan tersendiri seperti pengendalian yang lebih mudah dan tahan lama. Dalam melakukan perawatan, dianjurkan untuk memperhatikan beberapa hal seperti cara mengerem yang benar dan melakukan pengecekan secara berkala. Dengan demikian, rem belakang matic dapat berfungsi dengan baik dan aman dalam berkendara.