Skip to content
Home » Rangkaian CDI Grand: Lebih dari Sekadar Sistem Pengapian Biasa

Rangkaian CDI Grand: Lebih dari Sekadar Sistem Pengapian Biasa

Jika Anda ingin memperbaiki kinerja sepeda motor Anda, tidak ada salahnya mencoba rangkaian CDI Grand. Sistem pengapian yang satu ini terbukti memiliki banyak keunggulan dan kelebihan dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional.

Apa itu Rangkaian CDI Grand?

CDI atau capacitive discharge ignition adalah sistem pengapian yang menggunakan capacitive discharge atau pelepasan kapasitif untuk menghasilkan spark di mesin sepeda motor. Rangkaian CDI Grand adalah salah satu jenis CDI yang biasa digunakan pada sepeda motor.

Rangkaian CDI Grand ini memiliki beberapa bagian yang harus dipahami seperti:

  • Kapasitor
  • Transistor
  • Flywheel magnet
  • Pickup coil
  • Busi

Ketika mesin berputar, flywheel magnet yang ada di bagian penggerak mesin akan menghasilkan medan magnet yang akan menstimulasi pickup coil. Kemudian, pickup coil akan menghasilkan sinyal listrik yang akan diteruskan ke kapasitor. Kapasitor akan menyimpan energi tersebut dan diteruskan ke transistor. Transistor akan mengeluarkan energi tersebut dalam bentuk spark yang akan diteruskan ke busi.

Kelebihan Rangkaian CDI Grand

Rangkaian CDI Grand memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional. Beberapa kelebihannya antara lain:

Lebih Efisien

Rangkaian CDI Grand lebih efisien dalam menghasilkan spark pada mesin. Karena energi yang dikeluarkan dalam bentuk pulse, maka energi yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional yang menggunakan energi listrik DC.

Lebih Stabil

Spark yang dihasilkan oleh rangkaian CDI Grand lebih stabil daripada sistem pengapian konvensional. Hal ini dikarenakan penggunaan teknologi capacitive discharge yang mampu mengatur energi yang dihasilkan.

Tidak Mudah Rusak

Karena rangkaian CDI Grand tidak menggunakan komponen yang bergerak, maka rangkaian ini cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah rusak dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional.

BACA JUGA:   Mengetahui Harga 125zr Terbaru dan Spesifikasi Lengkap

Lebih Banyak Pilihan

Rangkaian CDI Grand memiliki banyak jenis dan pilihan untuk berbagai jenis sepeda motor. Anda bisa memilih CDI Grand dengan ukuran dan karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan sepeda motor Anda.

Kesimpulan

Rangkaian CDI Grand adalah sistem pengapian yang lebih efisien, stabil, dan tahan lama dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional. Dengan menggunakan rangkaian CDI Grand, kinerja sepeda motor Anda dapat ditingkatkan dengan mudah. Jangan ragu untuk mencoba rangkaian CDI Grand dan rasakan perbedaan yang signifikan pada sepeda motor Anda.