Skip to content
Home ยป Pilihannya, Mana yang Terbaik untuk Pengapian CDI Grand?

Pilihannya, Mana yang Terbaik untuk Pengapian CDI Grand?

Grand merupakan salah satu jenis motor skuter matic yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Selain tampilannya yang elegan, motor ini juga memiliki performa yang tinggi. Salah satu komponen penting yang berperan dalam memengaruhi performa motor adalah pengapian. Saat ini, ada dua pilihan pengapian yang tersedia untuk Grand, yaitu pengapian DC dan pengapian CDI. Namun, ketika membahas pengapian CDI, pilihan yang harus dibuat seputar jenis pengapian CDI menjadi pertanyaan penting. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa jenis pengapian CDI untuk Grand dan mana yang menjadi pilihan terbaik.

Pengapian CDI Konvensional

Pengapian CDI konvensional adalah jenis pengapian yang digunakan pada Grand sejak pertama kali dipasarkan. Pengapian ini terdiri dari komponen pengapian seperti kumparan, CDI, dan busi. Kelebihan dari pengapian ini adalah komponen yang digunakan umumnya mudah untuk ditemukan dan diakses. Namun, pengapian CDI konvensional dapat mengalami masalah ketika terjadi perubahan temperatura. Saat motor digunakan dalam jarak pendek, suhu mesin tidak mencapai suhu ideal, sehingga performa motor cenderung kurang optimal.

Pengapian CDI Variable

Pengapian CDI Variable merupakan inovasi baru dalam dunia otomotif. Pengapian ini dikembangkan untuk mengatasi masalah pengapian konvensional yang tidak akurat ketika suhu mesin sedang rendah. Pengapian CDI Variable memungkinkan pengguna motor untuk menyesuaikan timing pengapian sesuai dengan kondisi mesin. Kelebihan dari pengapian ini adalah pengapian menjadi lebih akurat dan motor menjadi lebih responsif selama penggunaan jarak pendek.

Pengapian CDI Racing

Jika kamu ingin meningkatkan performa Grand-mu, pengapian CDI Racing bisa menjadi pilihan yang tepat. Pengapian ini terbuat dari bahan yang lebih baik dan dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan timing pengapian dan mengoptimalkan efisiensi pengapian. Namun, pengapian CDI Racing tidak direkomendasikan untuk penggunaan harian. Penggunaan pengapian ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan membuat mesin cepat panas.

BACA JUGA:   Yamaha Tangerang: Dealer Resmi Motor Yamaha di Kota Tangerang

Pengapian CDI Standard

Pengapian CDI Standard adalah opsi yang direkomendasikan untuk penggunaan harian. Pengapian ini umumnya terdapat pada Grand terbaru. Sama seperti pengapian CDI konvensional, pengapian ini menggunakan timing pengapian yang tetap dan komponen yang mudah didapatkan. Namun, pengapian CDI Standard telah ditingkatkan kualitasnya dengan menggunakan teknologi terbaru. Hal ini membuat pengapian menjadi lebih akurat dan motor lebih responsif.

Penutup

Dalam memilih pengapian CDI untuk Grand, pilihan terbaik akan tergantung pada kebutuhan pengguna. Namun, jika kamu mencari pengapian dengan kualitas terbaik tanpa khawatir konsumsi bahan bakar menjadi boros dan mesin cepat panas, kamu bisa memilih pengapian CDI Standard. Namun, jika kamu ingin meningkatkan performa Grand-mu, pengapian CDI Racing bisa menjadi opsi yang tepat. Namun, pengapian ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan harian. Semoga informasi ini membantu kamu dalam memilih pengapian CDI yang tepat untuk Grand-mu!