Skip to content
Home ยป Persamaan Stang Seher Revo Fi

Persamaan Stang Seher Revo Fi

Stang seher adalah salah satu komponen terpenting dalam mesin sepeda motor. Bagi Anda yang mengendarai Honda Revo Fi, pasti familiar dengan istilah persamaan stang seher. Namun, untuk Anda yang masih awam, persamaan stang seher adalah perbandingan diameter diameter dua buah komponen yaitu stang dan seher.

Seiring berkembangnya teknologi, Honda merilis seri terbarunya yaitu Honda Revo Fi yang dilengkapi dengan teknologi injeksi bahan bakar. Mesin Honda Revo Fi membutuhkan persamaan stang seher yang berbeda dengan model-model lawasnya. Jika Anda mencari persamaan stang seher Revo Fi, berikut adalah informasi yang Anda butuhkan.

Ukuran Standard Stang dan Seher Honda Revo Fi

Sebelum membahas mengenai persamaan stang seher Revo Fi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu ukuran standar stang dan seher Honda Revo Fi. Ukuran diameter seher adalah 50,0 mm dan panjang stang 79,5 mm. Namun, Anda tidak bisa hanya mengganti stang dan seher pada mesin secara sembarangan, harus sesuai dengan persamaan stang seher yang benar.

Persamaan Stang Seher Revo Fi

Bagaimana cara mencari persamaan stang seher Revo Fi yang tepat? Salah satu cara yang mudah adalah dengan melihat pada manual book yang disediakan oleh pabrik. Namun, jika Anda tidak memilikinya, maka bisa mencari di internet atau bertanya ke toko onderdil terpercaya.

Setelah melakukan riset, ditemukan bahwa persamaan stang seher Revo Fi adalah sebagai berikut:

  • Seher Honda Astrea, diameter 42,0 mm, panjang stang 90,0 mm
  • Stang Satria FU, diameter 35,0 mm, panjang stang 97,0 mm
BACA JUGA:   Fungsi Pilot Jet pada Kendaraan dan Cara Kerjanya

Kedua persamaan stang seher tersebut bisa digunakan pada mesin Honda Revo Fi dengan catatan harus dilakukan beberapa penyesuaian. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan stang seher yang tidak sesuai dengan spesifikasi resmi dapat mempengaruhi performa dan daya tahan mesin.

Mengapa Harus Memperhatikan Persamaan Stang Seher?

Saat mengganti stang dan seher, penting untuk memperhatikan persamaan stang seher yang benar. Karena jika tidak sesuai, mesin bisa mengalami kerusakan dan bahkan bisa pulsar atau mesin mogok. Selain itu, penggunaan stang seher yang tidak sesuai bisa membuat mesin menjadi tidak optimal dan boros bahan bakar.

Pertimbangan Mengganti Stang dan Seher Pada Mesin

Seiring waktu, komponen mesin tentu akan mengalami penurunan performa dan kerusakan. Dalam hal ini, stang dan seher juga tidak selamanya awet dan bisa aus. Jika Anda ingin mengganti stang dan seher pada mesin Honda Revo Fi, ada beberapa yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan bahwa persamaan stang seher yang Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi resmi dan direkomendasikan oleh pabrik. Kedua, gunakan stang dan seher yang berkualitas dan terbuat dari bahan yang terbaik. Ketiga, lakukan penggantian stang dan seher secara teratur sesuai dengan interval yang direkomendasikan.

Kesimpulan

Persamaan stang seher Revo Fi yang benar adalah seher Honda Astrea dengan diameter 42,0 mm dan panjang stang 90,0 mm, serta stang Satria FU dengan diameter 35,0 mm dan panjang stang 97,0 mm. Namun, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal sebelum mengganti stang dan seher pada mesin. Dengan begitu, performa dan daya tahan mesin bisa terjaga dan optimal.