Skip to content
Home » Perbedaan STNK RX King dan RX K

Perbedaan STNK RX King dan RX K

Jika Anda merupakan pecinta otomotif, pasti sudah tidak asing dengan sepeda motor khas Indonesia yang menjadi kebanggaan bagi para rider, yaitu Yamaha RX King dan RX K. Meskipun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama, namun ada beberapa perbedaan yang membedakan keduanya, terutama dalam hal STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Perbedaan pertama adalah dari segi kapasitas mesin. Yamaha RX King memiliki mesin berkapasitas 132 cc sedangkan Yamaha RX K memiliki mesin berkapasitas 98 cc. Perbedaan kapasitas mesin ini tentu saja berpengaruh pada performa dan daya jelajah dari kedua sepeda motor tersebut. RX King sebagai sepeda motor yang lebih bertenaga memiliki akselerasi yang lebih cepat dari RX K. Namun, RX K sebagai sepeda motor yang lebih ringan cukup efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Perbedaan kedua adalah dari segi bodi atau desain eksterior. Meskipun beberapa bagian dari bodi RX King dan RX K hampir sama, namun terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok. RX King memiliki bodi yang lebih besar dan lebih bulat dibandingkan dengan RX K yang memiliki bodi yang lebih ramping dan lebih modern. RX King juga dilengkapi dengan speedometer analog yang cukup khas sedangkan RX K dilengkapi dengan speedometer digital yang lebih modern dan canggih.

Perbedaan ketiga adalah dari segi STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. RX King dan RX K memang memiliki STNK yang sama-sama dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). Namun, terdapat perbedaan dalam hal kode STNK yang ditampilkan pada kedua kendaraan tersebut. RX King memiliki kode STNK yang dimulai dari huruf K dan diikuti oleh enam digit angka. Sementara itu, RX K memiliki kode STNK yang dimulai dari huruf L dan diikuti oleh lima digit angka. Perbedaan kode STNK ini sebenarnya tidak berpengaruh pada kinerja kendaraan, namun menjadi salah satu ciri khas yang membedakan antara RX King dan RX K.

BACA JUGA:   Mesin Minerva: Meningkatkan Kinerja Kendaraan Anda

Dalam hal kesimpulan, baik RX King maupun RX K merupakan sepeda motor yang memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Bagi Anda yang lebih suka dengan performa dan daya jelajah yang lebih tinggi, RX King menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagi Anda yang lebih memperhatikan efisiensi bahan bakar serta desain yang lebih modern, RX K mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok. Namun, pada akhirnya pilihan tentu saja berada di tangan Anda sebagai rider sepeda motor tersebut.