Skip to content
Home » Perbedaan RX King dan RX K

Perbedaan RX King dan RX K

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Yamaha RX King dan Yamaha RX K adalah dua jenis sepeda motor legendaris di Indonesia. Kedua motor ini telah memenangkan hati ribuan rider di seluruh Indonesia, namun mungkin ada beberapa dari Anda yang bingung perbedaan antara keduanya. Di artikel ini, kita akan membahas perbedaan RX King dan RX K secara detail.

Desain

Secara tampilan, RX King dan RX K memiliki beberapa perbedaan yang cukup jelas. RX King memiliki desain yang lebih besar dan lebih menonjol dibandingkan dengan RX K yang lebih ramping. RX King memiliki desain yang lebih kokoh dengan bodi yang lebih padat, sedangkan RX K memiliki desain yang lebih ringan dan aerodinamis.

Mesin

Mesin adalah faktor kunci dalam perbedaan antara RX King dan RX K. RX King dilengkapi dengan mesin 2 tak 135cc yang dianggap sebagai mesin terbaik dalam kelasnya. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 23Hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 19,7 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan RX K dilengkapi dengan mesin 4 tak 150cc yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 12,2Hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Suspensi

Ketika datang ke suspensi, RX King lebih unggul dari RX K. RX King dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang tunggal yang membuatnya sangat stabil dan mudah dikendalikan dalam kondisi jalan yang tidak rata. Sementara itu, RX K dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda, yang tidak seoptimal RX King dalam menghadapi tantangan perjalanan.

Rem

RX King dan RX K masing-masing dilengkapi dengan sistem pengereman yang berbeda. RX King dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan dan rem tromol di bagian belakang, memberikan rasa stabil dan aman saat berakselerasi dan ketika melakukan pengereman. RX K dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan dan belakang, dan meskipun kurang stabil, sistem rem ini cukup efektif dalam hal kecepatan yang lebih rendah.

BACA JUGA:   Karet Mounting Vario: Fungsi, Cara Kerja, Dan Tips Pemilihan

Harga

Harga adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh sebagian besar konsumen, dan ini juga merupakan hal yang membedakan RX King dan RX K. Sebagai jenis sepeda motor yang sudah tidak diproduksi lagi, RX King bisa memakan biaya hingga 50 juta rupiah untuk kondisi yang sangat baik. Sementara RX K, meskipun masih diproduksi hingga saat ini, memiliki harga yang lebih terjangkau, yaitu sekitar 20 juta rupiah untuk kondisi baru.

Kesimpulan

RX King dan RX K adalah dua jenis sepeda motor yang mempunyai ciri khas masing-masing. RX King lebih besar, lebih stabil, dan lebih mahal, sedangkan RX K lebih ramping, lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar, dan lebih terjangkau dari segi harga. Namun, faktor terbesar yang menjadi pembeda antara RX King dan RX K adalah mesin yang digunakannya. Maka, tergantung pada apa yang dicari oleh para pelanggan, kedua jenis sepeda motor legendaris ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kesukaan dan kebutuhan masing-masing.