Skip to content
Home » Perbedaan Pedal Rem Smash dengan Pedal Rem Standar

Perbedaan Pedal Rem Smash dengan Pedal Rem Standar

Dalam dunia otomotif, terdapat berbagai jenis aksesori yang bisa digunakan sebagai modifikasi mobil. Salah satu modifikasi yang paling umum dan penting adalah penggantian pedal rem standar dengan pedal rem smash.

Tapi, apa sih perbedaan antara pedal rem smash dengan pedal rem standar? Kali ini saya akan membahas secara detail perbedaan tersebut.

Perbedaan Fungsi

Pedal rem standar memiliki fungsi utama sebagai pengendali rem pada mobil. Sementara itu, pedal rem smash berfungsi sebagai aksesori modifikasi dan juga sebagai pengendali rem seperti halnya pada pedal rem standar.

Namun, pedal rem smash dirancang agar lebih memberikan responsivitas dan pengendalian yang lebih baik pada rem mobil dibandingkan dengan pedal rem standar. Selain itu, pedal rem smash dilengkapi dengan karet anti-slip yang dapat membantu pengendara dalam memijak rem dengan lebih baik.

Perbedaan Desain

Pedal rem standar sendiri memiliki desain yang cenderung simpel dengan bahan yang biasanya terbuat dari plastik atau metal yang umumnya datar atau dengan sedikit cekungan. Sementara itu, pedal rem smash mengambil desain yang akrab digunakan pada mobil-mobil balap, dengan bentuk yang lebih ergonomis dan lebih memudahkan pengendara untuk memberikan tekanan yang lebih kuat pada rem.

Selain itu, terdapat variasi desain pada pedal rem smash yang dapat memudahkan pengendara untuk memasang dan mengganti aksesori pedal rem mereka, dan urusan penempatan pedal rem tergantung pada preferensi pengendara.

Perbedaan Material

Pedal rem standar biasanya terbuat dari plastik atau metal yang cukup ringan dengan bahan yang mudah karatan ketika terkena air atau kelembaban. Sementara itu, pedal rem smash menggunakan bahan aluminium yang lebih ringan, lebih kuat dan lebih tahan lama.

BACA JUGA:   Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar

Kebanyakan pedal rem smash juga dilapisi dengan bahan karet atau silikon yang lebih tahan gores. Selain itu, bahan karet ini juga dapat membantu pengemudi untuk memijak pedal rem lebih mudah dan memberikan pengalaman mengemudi yang lebih nyaman.

Perbedaan Instalasi

Pedal rem standar mudah diinstal karena biasanya sudah terpasang secara default di mobil. Sementara itu, instalasi pedal rem smash membutuhkan beberapa tahapan instalasi untuk memastikan aksesori terpasang dengan benar.

Namun, banyak vendor aksesori otomotif yang menyediakan pedal rem smash dengan instalasi yang sangat mudah sehingga dapat di pasang oleh pengguna hanya dalam beberapa menit saja.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa perbedaan antara pedal rem smash dan pedal rem standar. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pedal rem smash memiliki beberapa kelebihan yang dapat meningkatkan performa rem mobil dan memberikan pengemudi pengalaman mengemudi yang lebih nyaman.

Jadi, jika kamu berencana untuk memodifikasi mobilmu dengan aksesori lainnya, kamu juga harus mempertimbangkan penggunaan pedal rem smash sebagai salah satu aksesori yang dapat memberikan pengalaman mengemudi yang lebih baik.