Skip to content
Home » Perbedaan Mesin RX King dan RX Spesial

Perbedaan Mesin RX King dan RX Spesial

Jika Anda tertarik pada dunia sepeda motor, Anda pasti sudah familiar dengan merek Yamaha dan seri RX. RX King dan RX Spesial adalah dua seri sepeda motor legendaris dari Yamaha yang masih menjadi favorit banyak orang pada era sekarang. Meskipun keduanya memiliki desain dan performa yang memukau, tetapi apakah Anda tahu apa perbedaan antara mesin RX King dan RX Spesial? Berikut adalah ulasan detail mengenai perbedaan keduanya:

Desain dan Kapasitas Mesin

Pertama-tama, desain mesin RX King dan RX Spesial berbeda. RX King memiliki mesin dua langkah yang memiliki kapasitas mesin 132 cc, sementara RX Spesial memiliki mesin empat langkah dengan kapasitas mesin 150 cc. Selain itu, sistem pengapian keduanya berbeda. RX King menggunakan sistem pengapian konvensional, sedangkan RX Spesial menggunakan sistem pengapian elektronik.

Performa

Karena perbedaan desain dan kapasitas mesin yang dimiliki, performa dari RX King dan RX Spesial juga berbeda. RX King memiliki tenaga sebesar 18,75 PS di putaran mesin 8.500 rpm, dengan torsi maksimal 12,1 Nm pada 6.500 rpm. Sementara itu, RX Spesial memiliki tenaga sebesar 15,3 PS pada putaran mesin 8.000 rpm, dengan torsi maksimal 14 Nm pada 6.000 rpm.

Konsumsi Bahan Bakar

Seringkali, konsumsi bahan bakar adalah salah satu pertimbangan utama ketika seseorang membeli sepeda motor. RX King dan RX Spesial sama-sama memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Namun, RX Spesial memiliki sedikit keunggulan dengan konsumsi bahan bakar sekitar 50 km/liter, sedangkan RX King sekitar 40 km/liter.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Harga

Perbedaan di atas tentunya tidak terlepas dari perbedaan harga. RX King harganya sekitar Rp 25 – 30 jutaan, sementara RX Spesial dijual dengan harga sekitar Rp 30 – 35 jutaan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, meskipun RX King dan RX Spesial sama-sama memiliki desain dan performa yang memukau, namun terdapat perbedaan utama yang harus diketahui. RX King memiliki mesin dua langkah dengan kapasitas mesin 132 cc dan sistem pengapian konvensional, sedangkan RX Spesial memiliki mesin empat langkah dengan kapasitas mesin 150 cc dan sistem pengapian elektronik. Performa RX King lebih tinggi dalam hal tenaga, sementara RX Spesial lebih unggul dalam konsumsi bahan bakar. Selain itu, RX King juga lebih murah dibandingkan dengan RX Spesial. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli motor, pastikan bahwa Anda sudah mempertimbangkan semua faktor yang ada.

Artikel tentang Perbedaan Mesin RX King dan RX Spesial

Anda pasti sudah mengetahui beberapa perbedaan mesin RX King dan RX Spesial setelah membaca artikel ini. Jangan lupa juga bahwa saat membeli sepeda motor, selain mempertimbangkan desain dan performa, faktor lain seperti konsumsi bahan bakar dan harga juga harus diperhatikan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih antara RX King dan RX Spesial.