Skip to content
Home » Perbedaan ATA dan SATA

Perbedaan ATA dan SATA

Pada zaman modern seperti sekarang, komputer dan perangkat-perangkat elektronik lainnya menjadi kebutuhan sehari-hari. Tidak heran jika sebuah laptop atau PC sekarang menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki bagi kebanyakan orang.

Dalam membahas tentang perangkat keras pada PC tentu tidak asing lagi dengan SSD dan Hard Drive. Dua jenis penyimpanan ini memiliki perannya masing-masing dalam sistem PC kita. Namun, banyak diantara kita yang mungkin masih asing dengan istilah ATA dan SATA. Apa perbedaan antara kedua jenis ini?

ATA

ATA merupakan singkatan dari Advanced Technology Attachment. Ini adalah jenis kabel transfer data internal yang sering digunakan untuk menghubungkan hard disk ke motherboard. Salah satu jenis ATA yang terkenal adalah PATA (Parallel ATA), kabel dengan 40 atau 80 pin yang terdiri dari beberapa kabel di dalamnya.

Kecepatan transfer ATA tergantung pada jenisnya. Kabel PATA memiliki kecepatan transfer maksimum 133 MB/s, sedangkan ATA-133 memiliki transfer maksimum 133 MB/s.

SATA

SATA adalah singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment. Kabel SATA menghubungkan perangkat seperti Hard Drive atau SSD ke motherboard dengan lebih efisien daripada ATA.

Kecepatan transfer data SATA jauh lebih cepat dibandingkan dengan ATA. Versi SATA pertama memiliki kecepatan transfer hingga 150 MB/s, sementara SATA 2 memiliki kecepatan transfer maksimum 300 MB/s. Sedangkan SATA 3, memiliki kecepatan maksimum transfer data yang mencapai 600 MB/s.

Tersedia pula versi SATA express, yang memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi, mencapai 2000 MB/s, tergantung pada perangkat yang digunakan.

Perbedaan mendasar

Perbedaan mendasar antara ATA dan SATA adalah kecepatan transfer data. SATA memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat daripada ATA. Selain itu, kabel SATA juga lebih tipis daripada PATA, sehingga perangkat yang terhubung menjadi lebih ringan dan hemat ruang.

BACA JUGA:   Ukuran Ruji Jupiter Z: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Dalam memilih jenis kabel transfer data untuk komputer atau laptop, kita bisa memperhatikan perbedaan mendasar antara kabel ATA dan SATA. Dilihat dari sisi kecepatan transfer data, SATA jelas lebih unggul dibandingkan dengan ATA.

Dalam teknologi komputer yang semakin maju ini, kecepatan transfer data merupakan salah satu hal yang sangat penting. Kita dapat memilih jenis kabel transfer data yang paling sesuai dengan kebutuhan kita untuk mendapatkan performa terbaik dari komputer ataupun laptop kita.