Skip to content
Home ยป Perbedaan antara CDI dan Rextor pada Tiger

Perbedaan antara CDI dan Rextor pada Tiger

Apakah kamu pernah mendengar tentang CDI dan Rextor untuk sepeda motor Tiger? Keduanya adalah komponen yang penting untuk meningkatkan performa motor kamu. Akan tetapi, apa sebenarnya perbedaan antara kedua jenis komponen ini? Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap perbedaan antara CDI dan Rextor pada Tiger.

Apa itu CDI?

CDI (Capacitor Discharge Ignition) adalah sistem pengapian elektronik yang digunakan untuk mengontrol sistem pengapian pada sepeda motor. CDI bekerja dengan cara menyimpan energi listrik pada kapasitor yang kemudian dilepaskan pada saat yang tepat untuk membakar campuran bahan bakar. Dengan menggunakan CDI, sepeda motor dapat menyalakan busi pada waktu yang tepat dan lebih efisien.

Apa itu Rextor?

Rextor merupakan merek komponen elektronik untuk motor yang terkenal di Indonesia. Merek ini memiliki produk-produk yang terpercaya dan dapat digunakan untuk meningkatkan performa sepeda motor, termasuk pada Tiger. Produk-produk Rextor yang populer adalah Rextor Pro Drag, Rextor Pro Series, dan Rextor Adjuster.

Perbedaan antara CDI dan Rextor pada Tiger

CDI dan Rextor pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu meningkatkan performa sepeda motor. Namun, terdapat beberapa perbedaan antara keduanya, yaitu:

1. Jenis Bahan Bakar

CDI dapat digunakan pada berbagai jenis bahan bakar, mulai dari bensin hingga gas elpiji. Sedangkan, Rextor hanya dapat digunakan pada bahan bakar bensin.

2. Cara Kerja

Meskipun fungsi utama dari CDI dan Rextor sama, namun cara kerjanya sedikit berbeda. CDI mengontrol pengapian motor secara langsung, sedangkan Rextor mengontrol pengaturan waktu buka-tutup katup secara otomatis, sehingga dapat meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar.

BACA JUGA:   Inovasi Terbaru di Dunia Otomotif: Switch Rem Belakang Supra

3. Harga

Harga CDI dan Rextor juga berbeda jauh. CDI memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan Rextor. Namun, Rextor memiliki kualitas yang lebih baik dan dapat meningkatkan performa sepeda motor secara signifikan.

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui perbedaan antara CDI dan Rextor pada Tiger, sekarang kita dapat memilih jenis komponen yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Jika kamu ingin meningkatkan performa motor tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar, CDI mungkin menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu ingin mendapatkan performa yang maksimal dengan kualitas yang baik, Rextor adalah pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk selalu memilih produk-produk berkualitas dan terpercaya untuk meningkatkan performa sepeda motor kamu.