Skip to content
Home » Per Rem Belakang Supra: Tips Memilih dan Memasangnya

Per Rem Belakang Supra: Tips Memilih dan Memasangnya

Apakah Anda menginginkan rem belakang yang lebih kuat untuk Supra Anda? Banyak pemilik kendaraan ingin meningkatkan sistem rem mobil mereka untuk meningkatkan performa dan keamanan berkendara. Salah satu opsi yang bisa dipilih adalah dengan mengganti rem belakang Supra dengan yang lebih berkualitas. Namun, sebelum Anda membeli dan memasang rem belakang baru, mari kita bahas dulu beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Kenapa Per Rem Belakang Penting untuk Supra Anda?

Rem belakang merupakan bagian penting dalam sistem rem pada kendaraan. Penggunaannya sangat penting saat kendaraan berhenti, terutama pada situasi darurat. Supra memiliki suspensi belakang semi-independent dengan rem tromol. Rem tromol bisa digunakan sebagai opsi awal untuk Supra, tapi semakin berkembang, rem tromol sudah tak terlalu ideal.

Sebaliknya, rem disk menjadi pilihan yang lebih umum untuk otomotif masa kini. Rem disk memiliki performa yang lebih baik dalam menghentikan kendaraan pada berbagai situasi dibanding dengan rem tromol. Ini karena rem disk mempunyai kemampuan pendinginan yang lebih baik dan lebih bisa dikontrol.

Dalam hal performa, rem disk mampu memberikan keseimbangan antara rem depan dan belakang pada kendaraan. Keuntungan ini sangat penting bagi Supra yang memiliki gaya berkendara yang dinamis. Saat berkendara cepat di jalan yang beraspal, rem disk bisa memberikan distribusi rem yang lebih baik.

Memilih Per Rem Belakang yang Tepat untuk Supra

Sebelum membeli per rem belakang, perhatikan hal-hal berikut:

1. Perhatikan Ukuran Piringan Rem

Ukuran piringan rem perlu sesuai dengan ukuran velg dan ban mobil. Piringan rem ukuran besar bisa diterapkan pada kendaraan yang sering dibawa melewati jalanan dengan berbagai jenis medan. Contohnya, pada bagian rem belakang Supra, sebuah piringan rem berdiameter 280mm bisa meningkatkan performa rem.

BACA JUGA:   Modifikasi Yamaha V80: Rahasia Membuat Street Cub Impianmu Menjadi Nyata

2. Bahan Pembuatan Piringan Rem

Bahan pembuatan piringan rem juga penting untuk dipertimbangkan. Piringan rem dari bahan yang lebih kuat misalnya keramik, bisa bertahan lebih lama serta lebih tahan terhadap kinerja yang berat. Di sisi lain, piringan rem dari baja paduan memberikan performa rem yang lebih baik dan lebih tahan panas.

3. Jenis Bantalan Rem

Bantalan rem bagi sebuah piringan rem merupakan elemen penting lainnya. Ketebalan bantalan rem memberikan keuntungan tersendiri pada pengereman mobil, terutama pada saat melakukan pengereman tiba-tiba. Pilihlah bantalan rem dengan karakteristik rem yang cocok dengan kendaraan Anda.

Cara Memasang Per Rem Belakang pada Supra

Setelah memilih per rem belakang yang tepat, selanjutnya Anda perlu memasangnya secara benar pada kendaraan. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Alat yang Diperlukan

Untuk memasang per rem secara benar, Anda perlu menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan, seperti kunci inggris, kunci T, obeng, dan palu.

2. Pasang Per Rem Belakang

Lepaskan rem belakang dan cakram rem sebelumnya. Lalu pasang per rem belakang baru dengan tepat sesuai dengan manual panduan yang disediakan. Ketatkan dengan kunci T dan berikan tekanan pada baut dan mur untuk memastikan kekuatan pemasangan.

3. Uji Coba

Saat sudah terpasang, cobalah rem belakang baru dengan selalu memastikan performanya. Pastikan pengereman kendaraan stabil dan pada kecepatan rendah dahulu saat memastikan rem belakang telah terpasang dengan benar sebelum uji pada kecepatan tinggi.

Kesimpulan

Per rem belakang yang tepat membuat pengalaman berkendara Anda lebih aman dan menyenangkan. Dalam memilih per rem belakang dan memasangnya pada Supra Anda, perhatikanlah ukuran piringan rem, bahan pembuatannya, serta jenis bantalan rem yang cocok dengan kendaraan Anda. Dengan memasang per rem belakang dengan benar, Anda akan merasakan perbedaan dalam performa rem ketika berkendara.

BACA JUGA:   Magnet Mio M3: Menaklukkan Jalan dengan Mobil Ultima