Skip to content
Home » Penyebab Speedometer Motor Mati

Penyebab Speedometer Motor Mati

Apakah Anda pernah mengalami masalah dimana speedometer di motor Anda tiba-tiba mati? Masalah ini bisa sangat menjengkelkan karena kita seringkali bergantung pada speedometer untuk mengetahui berapa kecepatan kita saat berkendara. Namun, jangan khawatir karena pada artikel ini saya akan membahas penyebab speedometer motor mati.

Kabel Speedometer Putus

Penyebab pertama dari speedometer motor mati adalah kabel speedometer yang putus. Kabel speedometer merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga koneksi antara speedometer dan mesin motor. Jika kabel putus, maka otomatis speedometer akan mati.

Solusinya adalah dengan memeriksa kabel speedometer secara berkala agar tidak putus atau longgar. Jika kabel sudah putus, Anda dapat membawa motor Anda ke bengkel untuk mengganti kabel baru.

Sudut Sensor Speedometer Tidak Benar

Penyebab kedua dari speedometer motor mati adalah sudut sensor speedometer yang tidak benar. Sensor speedometer bekerja dengan mengukur putaran roda belakang dari motor. Jika sudut sensor tidak benar, maka sensor tidak akan dapat membaca putaran roda belakang yang mengakibatkan speedometer mati.

Solusi untuk masalah ini adalah memastikan sudut sensor speedometer sudah benar. Anda dapat memeriksa manual motor Anda untuk mengetahui sudut sensor yang benar dan melakukan penyesuaian apabila diperlukan.

Speedometer Rusak

Penyebab ketiga dari speedometer motor mati adalah speedometer yang rusak. Speedometer terdiri dari banyak bagian yang kompleks dan semuanya harus berfungsi dengan baik agar speedometer dapat berjalan dengan baik. Jika terdapat masalah dengan salah satu bagian dari speedometer, maka speedometer akan mati.

Solusinya adalah dengan membawa motor Anda ke bengkel untuk memperbaiki atau mengganti speedometer yang rusak.

Kabel Aki Rusak

Penyebab keempat dari speedometer motor mati adalah kabel aki yang rusak. Kabel aki merupakan kabel yang menghubungkan aki dengan mesin dan sistem elektronik di motor Anda. Jika kabel aki rusak, maka sistem elektronik di motor Anda tidak akan berfungsi dengan baik termasuk speedometer.

BACA JUGA:   Cara Pasang Oil Cooler Jupiter Z: Panduan Lengkap dari Ahli Otomotif

Solusinya adalah dengan memeriksa kabel aki secara berkala dan mengganti kabel aki yang rusak dengan yang baru.

Ingin Meningkatkan Penampilan Motor Anda? Coba Custom Speedometer!

Jika Anda ingin membuat motor Anda lebih menarik, cobalah untuk mengganti speedometer bawaan dengan custom speedometer. Custom speedometer dapat memberikan tampilan yang unik dan menarik pada motor Anda.

Namun, pastikan untuk memilih custom speedometer yang berkualitas dan dapat bekerja dengan baik agar tidak mengalami masalah speedometer mati di masa depan.

Kesimpulan

Penyebab speedometer motor mati dapat bervariasi, mulai dari kabel speedometer putus hingga sensor speedometer yang tidak benar. Namun, dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala, Anda dapat mencegah terjadinya masalah speedometer mati.

Jangan lupa untuk selalu berkendara dengan aman dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah.