Skip to content
Home » Penyebab Motor Tersendat-sendat

Penyebab Motor Tersendat-sendat

Motor yang tersendat-sendat saat digunakan tentu sangat mengganggu dan mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Berbagai penyebab dapat menjadi faktor terjadinya motor yang tersendat-sendat, baik itu masalah pada komponen mesin atau pemakaian yang kurang tepat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa penyebab motor tersendat-sendat dan cara mengatasinya.

Bahan Bakar Berkualitas Buruk

Salah satu penyebab motor tersendat-sendat adalah bahan bakar berkualitas buruk. Bahan bakar yang rendah kualitasnya dapat menyebabkan mesin menjadi kotor dan merusak komponen mesin. Pilihlah bahan bakar yang berkualitas baik untuk memastikan mesin berjalan dengan lancar dan terhindar dari kerusakan.

Karburator Tidak Berfungsi Baik

Karburator yang tidak berfungsi baik juga dapat menyebabkan motor tersendat-sendat. Karburator yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara tidak merata. Pastikan karburator dalam kondisi baik dengan membersihkannya secara berkala.

Busi Rusak

Busi yang rusak juga bisa menjadi penyebab motor tersendat-sendat. Busi yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin tidak dapat membakar bahan bakar dengan sempurna. Ganti busi secara berkala untuk memastikan kondisi mesin tetap prima.

Kabel Busi Kurang Bagus

Kabel busi yang kurang bagus juga dapat menjadi penyebab motor tersendat-sendat. Kerusakan atau kebocoran pada kabel busi dapat mengganggu aliran listrik ke busi. Pastikan kabel busi dalam kondisi baik dan rapat untuk mencegah terjadinya tersendat-sendat.

Kampas Kopling Aus atau Slip

Kampas kopling yang sudah aus atau slip dapat menjadi penyebab motor tersendat-sendat pada saat kickstarter ditarik. Pada kampas kopling yang sudah aus, tenaga mesin berkurang sehingga motor tidak dapat bergerak dengan lancar. Pastikan kampas kopling dalam kondisi baik dengan menggantinya secara berkala.

BACA JUGA:   Harga Sewa Sound System Jogja - Tips Memilih Sound System Berkualitas

Lampu Besar atau Aki yang Kurang

Lampu besar yang terlalu terang dapat menguras daya aki, sehingga aki tidak mampu membersihkan air even dalam kondisi yang baik. Selain itu, aki yang sudah tua juga dapat menjadi faktor penyebab motor tersendat-sendat. Pastikan lampu besar tidak terlalu terang dan ganti aki secara berkala untuk meminimalisir masalah tersendat-sendat.

Penutup Knalpot Tersumbat

Penutup knalpot yang tersumbat dapat menghambat aliran gas buang, sehingga mesin tidak dapat bekerja secara optimal. Pembersihan atau penggantian penutup knalpot secara berkala dapat mencegah terjadinya tersendat-sendat.

Kesimpulan

Penyebab motor tersendat-sendat dapat bermacam-macam. Untuk memastikan motor bekerja secara optimal dan terhindar dari masalah tersendat-sendat, perlu melakukan perawatan secara rutin. Pilihlah bahan bakar berkualitas baik, pastikan karburator, busi, dan kabel busi dalam kondisi baik, serta ganti kampas kopling yang sudah aus atau slip. Selain itu, pastikan penutup knalpot tidak tersumbat dan cek kondisi aki secara berkala. Dengan melakukan perawatan secara berkala, Anda dapat menghindari masalah tersendat-sendat pada motor.