Skip to content
Home » Pengapian Vario 110 Hilang: Penyebab dan Solusinya

Pengapian Vario 110 Hilang: Penyebab dan Solusinya

Pengapian menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan, termasuk pada skutik Vario 110. Pengapian Vario 110 adalah sistem yang memicu ledakan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin. Jika pengapian rusak atau hilang, kendaraan tidak bisa hidup karena mesin tidak dapat menyalakan bahan bakar.

Namun, apa penyebab pengapian Vario 110 hilang dan bagaimana solusinya? Artikel ini akan membahasnya secara mendalam untuk membantu Anda memahami masalah ini.

Penyebab Pengapian Vario 110 Hilang

Pengapian Vario 110 bisa hilang karena beberapa hal, di antaranya:

1. Komponen Pengapian Rusak

Pada skutik Vario 110, komponen pengapian yang umum rusak adalah busi. Busi berfungsi sebagai penyalur listrik yang menyala dan mematikan api mesin. Jika busi rusak, pengapian Vario 110 bisa hilang.

2. Masalah pada Kelistrikan

Kelistrikan pada skutik Vario 110 bisa bermasalah jika terdapat kabel putus, korsleting, atau akibat kerusakan aki. Jika terjadi masalah pada kelistrikan, pengapian Vario 110 akan terganggu dan bahkan bisa hilang.

3. Masalah pada CDI

CDI atau Capacitor Discharge Ignition adalah sistem pengapian elektronik yang berfungsi sebagai pengatur penyaluran energi ke busi. Jika CDI rusak atau bermasalah, pengapian Vario 110 bisa hilang.

Solusi Mengatasi Pengapian Vario 110 Hilang

Setelah mengetahui penyebab pengapian Vario 110 hilang, berikut adalah beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

1. Periksa dan Ganti Busi

Busi yang rusak dapat diakibatkan oleh panas mesin yang berlebihan atau kotoran yang menumpuk pada ujung busi. Jika busi rusak, segera periksa dan ganti dengan busi baru yang cocok untuk skutik Vario 110.

2. Cek Kelistrikan

Periksa kabel-kabel kelistrikan dan pastikan semuanya dalam keadaan baik. Pastikan aki juga dalam kondisi baik. Jika ditemukan kabel yang putus atau korsleting, segera perbaiki atau ganti kabel yang rusak.

BACA JUGA:   Membahas Rotak Vixion: Salah Satu Suku Cadang Motor yang Wajib Diketahui

3. Periksa CDI dan Ganti Jika Diperlukan

Jika CDI bermasalah, periksa dan ganti jika diperlukan. Pastikan CDI yang digunakan cocok untuk skutik Vario 110.

Kesimpulan

Pengapian Vario 110 hilang bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya rusaknya komponen pengapian, masalah pada kelistrikan, dan masalah pada CDI. Agar pengapian dapat berfungsi dengan baik, periksa dan bertindak cepat jika ditemukan masalah pada komponen tersebut. Dengan demikian, kendaraan skutik Vario 110 Anda akan selalu dalam kondisi yang prima.