Skip to content
Home ยป Pengapian Satria FU AC atau DC

Pengapian Satria FU AC atau DC

Jika Anda mencari motor yang andal dan memiliki mesin bertenaga, Suzuki Satria FU mungkin menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Namun, dalam hal pengapian, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah apakah Satria FU dilengkapi dengan pengapian AC atau DC.

Pengapian AC

Pengapian AC menghasilkan energi listrik dari sistem kumparan yang membentuk medan magnet, biasanya melalui "pickup coil" atau "magnet pulser". Energi listrik kemudian digunakan untuk melakukan pengapian pada mesin.
Pengapian AC lebih hemat biaya dan umumnya digunakan untuk mesin-mesin yang memiliki tingkat kompresi yang rendah.

Namun, kelemahan dari pengapian AC adalah rentan terhadap keausan pada platina. Terkadang, pengapian akan menjadi lebih sulit atau bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali ketika platina mengalami kerusakan.

Pengapian DC

Pengapian DC, di sisi lain, menggunakan energi listrik langsung dari baterai. Ini memungkinkan pengapian yang lebih baik dan respons mesin yang lebih cepat. Hal ini membuat pengapian DC menjadi pilihan yang lebih baik pada mesin yang memiliki tingkat kompresi yang lebih tinggi dan memerlukan pengapian yang akurat dan cepat.

Namun, pengapian DC memerlukan komponen pendukung yang lebih banyak, seperti kiprok dan regulator. Dan karena menggunakan energi dari baterai, sistem ini membutuhkan tegangan listrik yang cukup tinggi untuk beroperasi.

Apa yang digunakan di Satria FU?

Suzuki Satria FU sendiri dilengkapi dengan pengapian DC. Hal ini membuat mesin Satria FU bisa mencapai performa tinggi tanpa banyak menimbulkan masalah. Namun, seperti halnya semua jenis pengapian, perawatan dan pemeliksaan berkala tetap diperlukan agar mesin tetap dalam kondisi optimal.

BACA JUGA:   Mengenal Kompresi GSX: Peran Penting pada Mesin Mobil

Kesimpulan

Kedua jenis pengapian, AC dan DC, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pada mesin yang memiliki tingkat kompresi tinggi dan membutuhkan pengapian yang akurat dan cepat, pengapian DC mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Dan jika Anda memilih Satria FU, Anda juga memilih mesin yang dilengkapi dengan pengapian DC yang andal dan efisien. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi mesin dan melakukan perawatan rutin agar mesin selalu terjaga dalam kondisi optimal.