Skip to content
Home ยป Nama Lain Noken As: Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Komponen Penting di Mesin Kendaraan

Nama Lain Noken As: Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Komponen Penting di Mesin Kendaraan

Jika kamu adalah seorang penggemar otomotif, maka pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah "noken as". Namun, tahukah kamu bahwa istilah ini sebenarnya memiliki beberapa nama lain? Di dalam artikel ini, saya akan membahas lebih jauh tentang komponen penting di mesin kendaraan yang lebih dikenal sebagai "noken as" sekaligus memperkenalkan beberapa istilah lain yang mungkin pernah kamu dengar sebelumnya.

Apa itu Noken As?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai "nama lain noken as", pertama-tama kita harus memahami apa itu noken as. Noken as adalah salah satu komponen penting dalam mesin kendaraan karena berfungsi untuk mengontrol masuknya udara dan bahan bakar ke dalam mesin dan mengeluarkan gas buang dari mesin. Dalam bahasa Inggris, noken as dikenal sebagai "camshaft" karena berfungsi seperti sebuah "cam" yang mengontrol gerakan katup.

Nama Lain Noken As

Secara umum, istilah "noken as" sudah sangat populer di Indonesia. Namun, komponen ini juga dikenal dengan beberapa istilah lain, seperti:

1. Kem atau Kepala Kem

Beberapa mekanik atau orang yang bekerja di bengkel mungkin lebih sering menggunakan istilah "kem" atau "kepala kem" untuk mengacu pada noken as.

2. Batang Kem atau Kem Roda

Istilah ini sering kali digunakan di kalangan otomotif atau bengkel yang lebih profesional. Sesuai dengan namanya, "batang kem" mengacu pada batang panjang yang terhubung ke roda gigi pada ujungnya.

3. Camshaft

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, "camshaft" adalah istilah dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk merujuk pada noken as. Istilah ini terutama digunakan dalam buku manual kendaraan atau di situs web luar negeri yang berfokus pada otomotif.

BACA JUGA:   Ukuran Laher Belakang Vixion New: Mengapa Penting untuk Diketahui

4. Poros Kem

Nama "poros kem" juga termasuk dalam daftar istilah lain yang dipakai pada noken as. Bisa dikatakan bahwa istilah ini lebih jarang digunakan di Indonesia daripada "kem" atau "batang kem".

Peran Penting Noken As dalam Mesin Kendaraan

Sekarang, setelah kita mengetahui beberapa "nama lain noken as", mari kita bahas tentang peran penting noken as dalam mesin kendaraan.

Noken as bekerja dengan menggerakkan katup-katup yang terhubung ke ruang pembakaran. Setiap kali mesin berjalan, noken as berputar dan mengontrol katup-katup untuk membuka dan menutup saat udara dan bahan bakar masuk ke dalam ruang pembakaran atau gas buang keluar dari mesin.

Hasil akhir dari pergerakan noken as adalah penghasilan tenaga, yang menyebabkan mobil bisa bergerak. Proses ini juga akan menghasilkan suara mesin karakteristik yang sering kita dengarkan saat mobil dinyalakan.

Kesimpulan

Noken as atau "kem" adalah salah satu komponen paling penting dalam mesin kendaraan yang berfungsi untuk mengontrol katup-katup pada mesin. Selain itu, istilah "nama lain noken as" telah disebutkan dalam artikel ini, seperti "kem", "batang kem", "camshaft", dan "poros kem". Meskipun memiliki beberapa nama lain, peran penting noken as dalam mesin kendaraan tetap sama dan sangat krusial. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk merawat noken as dan komponen mesin kendaraan lainnya secara teratur agar kendaraan dapat selalu berfungsi dengan baik.