Skip to content
Home » Naik Motor dari Jogja ke Dieng: Pengalaman yang Tak Terlupakan

Naik Motor dari Jogja ke Dieng: Pengalaman yang Tak Terlupakan

Siapa yang bilang naik motor jarak jauh itu membosankan? Apalagi kalau rutenya melewati jalanan yang menawan seperti rute Jogja-Dieng. Saya baru saja menikmati pengalaman naik motor dari Jogja ke Dieng dan saya harus bilang bahwa perjalanan ini akan selalu terkenang dalam benak saya.

Persiapan Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat, pastikan kita melakukan persiapan yang matang agar perjalanan kita aman dan nyaman. Beberapa hal yang perlu kita perhatikan antara lain:

  1. Pemilihan Motor
    Jangan main-main dalam memilih motor yang akan kita gunakan. Pastikan motor tersebut sudah dalam kondisi prima, mesinnya sehat, dan tidak bermasalah. Kita juga perlu memeriksa kelengkapannya, seperti lampu-lampu, rem, dan klakson.

  2. Pengecekan Kondisi Fisik
    Persiapkan tubuh dengan baik sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Pastikan kita dalam kondisi sehat dan bugar. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pendukung, seperti helm yang nyaman dan sesuai standar SNI, jaket, sarung tangan, serta kacamata.

  3. Perencanaan Rute dan Waktu
    Sebelum berangkat, tentukan rute dan waktu yang tepat. Pastikan kita tahu daerah yang akan dilewati dan menghindari rute yang berbahaya. Sediakan waktu lebih agar dapat istirahat dan makan dengan nyaman.

Melintasi Rute Jogja – Dieng

Perjalanan dari Jogja ke Dieng sejauh 148,6 km dan memakan waktu sekitar 5-6 jam tergantung kecepatan yang digunakan. Namun, hampir setiap kilometer perjalanan akan memperlihatkan pemandangan alam yang indah.

Perjalanan dari Jogja dimulai dari titik nol yaitu rest area Gejayan. Dalam waktu 30 menit, kita akan sampai di daerah Mlati, Sleman. Di daerah ini kita akan menemukan hamparan sawah yang masih asri, dan bila perjalanan dilakukan di pagi hari, biasanya kabut bermunculan menambah keindahan.

BACA JUGA:   Kabel Cuk Mio: Mengganti Kabel Busi untuk Daya Optimal pada Kendaraan Anda

Selanjutnya, kita akan menemukan area perbukitan yang terjal. Di sini memerlukan pengendalian motor yang baik agar aman.

Perjalanan selanjutnya akan memasuki kawasan hutan Gunung Merapi. Meski bekas letusan erupsi vulkanik tampak jelas, pemandangan alam yang dihasilkan menakjubkan. Kemudian, kita akan sampai di wilayah Magelang yang terkenal dengan Candi Borobudur dan suasana pegunungan dengan udara dinginnya.

Setelah itu, perjalanan akan berlanjut melintasi lembah dan hutan menuju Wonosobo. Di sini kita akan menemukan keindahan pegunungan dan kebun teh. Namun, hati-hati dengan kondisi jalan yang bervariasi dari yang mulus hingga berlubang.

Sesampainya di Dieng, kita akan disajikan dengan suhu udara yang jauh berbeda dibandingkan Jogja. Udara dingin, kabut, view yang indah dan udara segar membuat kita seakan masuk ke dunia baru yang menakjubkan.

Fasilitas dan Penginapan

Di Dieng kita dapat menemukan banyak fasilitas umum seperti pertokoan, bank dan ATM. Beberapa penginapan yang direkomendasikan antara lain:

  • Hotel Arjuna: Hotel yang memiliki kamar yang nyaman dengan view yang memukau.

  • Dieng Plateau Homestay: Penginapan homestay yang memberikan pengalaman hidup bersama penduduk setempat.

  • Pondok Eka: Tempat penginapan yang nyaman dan tenang.

Kesimpulan

Naik motor dari Jogja ke Dieng menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi saya. Keindahan alam yang luar biasa dengan track yang menantang memberikan kesan yang mendalam. Persiapan matang sebelum berangkat menjadi kunci agar perjalanan kita aman dan nyaman. Jangan lupa bagi pemula dan pengendara yang masih dalam tahap belajar, untuk selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu yang berlaku. #jogjadiengnaikmotor #perjalananmotorDiengJogja #wisatabikejogjanaikmotor