Skip to content
Home ยป Naik CC: Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Oversize 50?

Naik CC: Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Oversize 50?

Berbicara tentang oversize 50, pasti ada sebagian pemilik kendaraan bermotor yang bertanya-tanya, "Oversize 50 itu naik berapa cc ya?" Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu memahami lebih dulu apa itu oversize 50.

Oversize 50 adalah sebuah jenis pembesaran pada ukuran diameter piston di dalam mesin kendaraan bermotor. Ketika sebuah kendaraan oversize 50, artinya diameter pistonnya sudah diperbesar sebesar 0,5 mm dari ukuran standar. Dengan ukuran piston yang lebih besar, maka volume ruang bakar juga semakin besar, sehingga mesin kendaraan bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Lalu, apakah oversize 50 mengubah kapasitas mesin menjadi lebih besar? Jawabannya adalah tidak. Kapasitas mesin kendaraan tetap sama, tidak ada perubahan. Hanya saja, dengan oversize 50, tenaga mesin bisa meningkat.

Namun, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan. Ketika kita ingin melakukan oversize 50 pada kendaraan kita, sebaiknya menggunakan produk atau merk terbaik, dikenal luas, dan terpercaya di pasaran. Ada banyak merek piston di pasaran, namun tidak semuanya memiliki kualitas yang sama. Jika kita salah memilih produk, bukan tidak mungkin mesin kendaraan kita malah menjadi cepat rusak atau mengalami kerusakan yang lain.

Lalu, jika piston sudah diperbesar, apakah pengaturan karburator perlu diubah juga? Jawabannya adalah ya. Ketika piston diperbesar, maka direktur aerodinamika karburator juga perlu disesuaikan agar campuran bahan bakar dan udara bisa tetap optimal. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sembarangan melakukan oversize 50 pada kendaraan kita.

Dalam melakukan oversize 50, biaya yang diperlukan tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan perawatan mesin secara rutin seperti tune-up atau ganti oli. Namun, jika dilakukan dengan benar dan menggunakan produk terbaik, maka hasilnya akan sangat memuaskan. Kendaraan kita bisa lebih kencang dan tenaganya lebih responsif. Namun, sebaiknya melakukan oversize 50 hanya dilakukan oleh ahli atau teknisi professional yang sudah memiliki pengalaman dan keahlian dalam melakukan oversize 50.

BACA JUGA:   Diameter Klep Supra X 125: Pengertian, Fungsi, dan Pentingnya untuk Performa Kendaraan

Dalam kesimpulan, oversize 50 adalah jenis pembesaran piston di dalam mesin kendaraan sehingga kapasitas mesin tetap sama, namun tenaga mesin bisa meningkat. Sebelum melakukan oversize 50, sebaiknya menggunakan produk terbaik dan dilakukan oleh teknisi yang ahli. Jangan lupa untuk mengatur karburator agar campuran bahan bakar dan udara tetap optimal.