Skip to content
Home » Motor Mati Mendadak saat Dipacu, Kenapa?

Motor Mati Mendadak saat Dipacu, Kenapa?

Apakah Anda pengendara motor yang merasa khawatir ketika tiba-tiba mesin mati saat tengah dipacu? Tentunya ini adalah momen yang tidak menyenangkan. Ada beberapa alasan yang menyebabkan masalah ini terjadi, namun solusinya bisa cukup sederhana.

Kondisi Bahan Bakar

Salah satu alasan utama motor mati mendadak saat dipacu adalah masalah bahan bakar. Jangan pernah mengisi bahan bakar di tempat yang tidak terpercaya atau tempat yang terkesan sepele. Bensin yang dijual dengan harga murah umumnya tidak memiliki kualitas yang baik, bahkan mungkin dicampur dengan air yang bisa merusak mesin.

Pastikan mesin motor Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. Jika Anda mengisi bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah dari yang disarankan, mesin motor Anda akan terlalu panas dan mengalami kerusakan.

Sistem Pengapian

Sistem pengapian yang buruk dapat menyebabkan mesin motor mati mendadak saat dipacu. Kemungkinan besar, Anda perlu memeriksa fasilitas pengapian pada motor Anda. Jangan mengabaikan perawatan dan servis mesin motor Anda, periksa beberapa komponen sistem pengapian seperti busi, kabel busi, dan koil.

Karburator

Masalah karburator dapat menyebabkan motor berhenti bekerja saat dipacu. Karburator yang tidak berfungsi dengan baik akan membuat bahan bakar tidak terlinear. Dalam hal ini, Anda perlu membersihkan karburator, yang mudah dilakukan di bengkel resmi atau tempat servis mesin motor yang terpercaya.

Sistem Pendingin

Perangkat keselamatan yang paling penting di motor adalah sistem pendingin. Jangan lupa untuk menjaga mesin motor Anda tetap terjaga suhunya normal. Begitu mesin motor terlalu panas, mesin akan mati sewaktu-waktu. Jangan biarkan level cairan sistem pendingin turun terlalu banyak karena harus mengalami kerusakan seperti karat dalam sistem pendingin.

BACA JUGA:   Satria FU Modif Road Race Harian: Perpaduan Antara Performa dan Kepraktisan

Bobot dan Berat

Faktor terakhir yang mungkin penyebab motor mati mendadak saat dipacu adalah bobot dan berat pengendara. Jika bobot pengendara terlalu berat dibandingkan dengan daya mesin motor, motor kemungkinan akan mati di putaran atas. Ini terjadi karena mesin tidak bisa menghasilkan daya maksimal untuk menopang beban yang lebih besar dari normalnya. Jadi, sesuaikan bobot Anda dengan kapasitas mesin motor Anda.

Beberapa alasan di atas bisa jadi penyebab motor Anda mati mendadak saat dipacu. Penting untuk memeriksa kondisi motor Anda secara berkala, jadi mesin Anda selalu berfungsi seperti yang seharusnya. Kita harap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah yang sama!