Skip to content
Home » Motor di Gas Brebet? Ini Dia Cara Mudah Mengatasinya!

Motor di Gas Brebet? Ini Dia Cara Mudah Mengatasinya!

Mungkin setiap pengendara motor pernah mengalami masalah motor brebet, terutama ketika naik tanjakan atau ketika mematikan mesin lalu menghidupkannya kembali. Gas yang diinjak dan mesin justru tidak merespon dengan baik, malah terasa ngos-ngosan dan tidak bertenaga. Apa yang harus dilakukan?

Mengapa Motor Brebet?

Sebagai seorang ahli otomotif, saya akan memberikan jawabannya. Ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa motor brebet. Salah satunya adalah karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai atau bahan bakar yang ada di tangki motor sudah terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan kualitas bahan bakar menurun dan akhirnya mengganggu kinerja mesin.

Selain itu, spark plug atau busi yang sudah aus atau kotor juga bisa mempengaruhi kinerja mesin. Kotoran yang menempel di permukaan busi akan mempersulit proses pembakaran dan akhirnya mengganggu kinerja mesin. Selain itu, keausan pada komponen mesin seperti klep atau piston juga bisa menimbulkan masalah brebet.

Cara Mengatasi Motor yang Brebet

Untuk mengatasi masalah motor yang brebet, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan masih segar. Bahan bakar yang lama atau tidak berkualitas akan membuat mesin tidak responsif dan akhirnya brebet.

Kedua, periksa keadaan spark plug atau busi. Jika sudah kotor atau aus, segera ganti dengan yang baru. Sebagai referensi, spark plug sebaiknya diganti setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung dari kondisi penggunaan dan merek motor yang digunakan.

Ketiga, pastikan keausan pada komponen mesin seperti klep atau piston dalam kondisi yang baik. Lakukan perawatan dan servis secara teratur untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Keempat, pastikan juga sabuk kipas radiator dalam kondisi yang baik. Sabuk yang kendur atau putus bisa mempengaruhi kinerja mesin dan akhirnya menyebabkan motor menjadi brebet.

BACA JUGA:   Mengenal Koil BRT: Solusi Upgrade Performa Mobil Anda

Kesimpulan

Pada dasarnya, brebet pada motor bisa diatasi dengan melakukan perawatan dan servis yang tepat. Pastikan bahan bakar yang digunakan berkualitas dan segar, busi dalam kondisi yang baik, serta periksa semua komponen mesin secara berkala untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Jangan lupa untuk melakukan servis dan perawatan secara berkala, terutama bagi mereka yang sering memakai motor untuk perjalanan jauh atau memiliki motor lama yang sudah terlalu sering dipakai. Dengan melakukan perawatan dan servis yang tepat, masalah brebet pada motor bisa diatasi dengan mudah dan kinerja mesin tetap optimal.