Skip to content
Home » Modifikasi Motor CB150R: Saatnya Meningkatkan Performa

Modifikasi Motor CB150R: Saatnya Meningkatkan Performa

Jika Anda seorang penggemar otomotif, pasti sudah tidak asing dengan motor Honda CB150R. Motor ini menjadi salah satu pilihan terbaik di kelas sport 150cc yang ada di Indonesia. Namun, meski sudah memiliki performa yang cukup mumpuni, tak jarang para pengguna ingin melakukan modifikasi motor CB150R agar bisa tampil lebih maksimal lagi.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang beberapa modifikasi motor CB150R yang bisa meningkatkan performanya, baik dari sisi mesin maupun aksesori. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Mengganti Knalpot

Knalpot yang digunakan oleh motor biasanya memiliki desain standar, tergantung dari produsen. Namun, kebanyakan knalpot standar tidak terlalu optimal dalam mengoptimalkan performa mesin. Oleh karena itu, salah satu solusi yang cukup efektif adalah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing.

Knalpot racing kerap digunakan pada kendaraan balap, karena dapat meningkatkan pembakaran bahan bakar serta menghasilkan suara yang lebih ngebas. Selain itu, knalpot racing juga biasanya lebih ringan sehingga dapat memberikan akselerasi yang lebih responsif.

Menambahkan Filter Udara Racing

Filter udara yang digunakan oleh pabrikan biasanya memiliki ukuran dan konfigurasi standar, tanpa mempertimbangkan potensi upgrade mesin. Oleh karena itu, dengan mengganti filter udara dengan yang lebih besar dan disesuaikan dengan penggunaan di ajang balap, maka mesin motor CB150R akan bisa lebih menanggapi setiap putaran gas.

Fungsi dari filter udara racing adalah untuk mengurangi hambatan udara yang masuk ke dalam mesin, sehingga dapat meningkatkan jumlah dan kualitas udara yang masuk. Selain itu, filter udara racing juga membuat mesin menghasilkan suara lebih sporty.

Menggunakan ECU Custom

ECU pada motor berfungsi sebagai pengaturan sistem pengapian, bahan bakar, dan sistem lainnya. Namun, pada motor standar, sistem ini belum diatur secara optimal sehingga performa motor dapat diperbaiki dengan melakukan upgrade ECU.

BACA JUGA:   Pengapian KLX: Bagaimana Membuat KLX Anda Berjalan dengan Lebih Baik

ECU custom pada motor CB150R dapat membantu mengoptimalkan kinerja mesin, serta membantu penggunaan knalpot racing dan filter udara racing. Dengan adanya ECU custom, pengaturan sistem pengapian, bahan bakar, dan sistem lainnya bisa diprogram ulang agar optimal sesuai dengan karakteristik mesin.

Mengganti Aksesori

Selain modifikasi pada mesin, modifikasi aksesori juga dapat dilakukan untuk meningkatkan performa motor CB150R. Beberapa aksesori yang dapat diganti meliputi kampas rem, kaliper rem, dan roda gigi.

Kampas rem racing pada motor CB150R dapat meningkatkan daya cengkeram rem, sehingga keamanan saat berkendara akan lebih terjamin. Selain itu, mengganti kaliper rem racing juga dapat meningkatkan kekuatan pengereman serta tahan lama. Sedangkan penggantian roda gigi racing dapat meningkatkan performa pada setiap putaran roda.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa modifikasi motor CB150R yang bisa meningkatkan performa mesin. Namun, perlu diingat bahwa modifikasi motor juga memiliki risiko dan tanggung jawab yang harus diemban. Maka dari itu, pastikan melakukan modifikasi dengan akal sehat dan memilih bengkel terpercaya yang memiliki tenaga ahli di bidang otomotif.

Jangan lupa, main ke toko otomotif terdekat untuk mendapatkan aksesori atau upgrade mesin untuk motor CB150R Anda. Semoga informasi yang saya berikan dapat membantu Anda dalam memilih modifikasi yang tepat untuk meningkatkan performa motor Anda!