Skip to content
Home » Mesin GL CB: Menakar Kinerja Mesin Klasik Honda

Mesin GL CB: Menakar Kinerja Mesin Klasik Honda

Apabila Anda menyukai pengalaman mengendarai mobil klasik, terlebih lagi yang tampilannya masih lengkap dan mesinnya masih berjalan bagus, tentu nama Mesin GL CB tidak asing lagi bagi Anda. Bahkan, pemilik mobil klasik, terutama yang membuat usaha penyewaan mobil klasik, lebih memilih membeli mobil dengan mesin jenis ini jika memang mesin mobil lawas mereka mengalami kerusakan fatal.

Mesin GL CB dikatakan sebagai jenis mesin penggerak yang mudah dalam perawatannya. Namun, ketika banyak modifikasi dilakukan untuk meningkatkan performa jenis mesin ini, pastikan juga memperhatikan konsumsi bahan bakar agar tetap efisien.

Apa Itu Mesin GL CB?

CB sendiri berasal dari kata “City Bike” dan merupakan model mesin motor Honda yang paling sering digunakan di Indonesia pada tahun 70-an. Bentuk mesinnya sendiri terbilang ramping dan mudah disesuaikan dengan jenis kendaraan apa saja.

Mesin GL CB pertama kali diproduksi pada tahun 1970 dan mampu berlari hingga kecepatan 100 kilometer per jam. Teknologi yang digunakan masihlah mesin 2-tak dan kapasitas mesin tergolong rendah, hanya sekitar 125 cc hingga 250 cc saja. Saat ini, mesin dengan kapasitas 125 cc sudah merupakan mesin paling populer yang dipakai untuk mesin classic atlet racer, di samping para retro bike builders.

Bagaimana Performa Mesin GL CB?

Kinerja mesin GL CB tidak bisa dibilang buruk, tetapi juga tidak bisa menjadi mesin yang paling kuat apabila dibandingkan dengan mesin modern. Tidak hanya masalah ini, perawatan mesin GL CB tidaklah mudah. Dibutuhkan perubahan suku cadang tertentu agar mesin dapat kembali berkeliling kota dengan nyaman. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan cepat, banyak sekali suku cadang mesin ini yang tidak lagi diproduksi oleh pihak produsen mesin.

BACA JUGA:   Cara Memperbaiki Sensor TPS

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih mesin GL CB adalah bagaimana laju mesin ketika dijalankan. Gunakan uji coba untuk mengetahui bagaimana respon mesin ketika gas ditekan. Kemudian, perhatikan juga suara mesin ketika berjalan. Tidak ada suara derap atau bunyi tidak wajar lainnya.

Modifikasi GL CB

Mesin GL CB terkenal sebagai mesin yang mudah dimodifikasi. Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan adalah pemasangan spare part mesin GL CB yang tepat agar kualitas suara dan respon mesin tidak menjadi berkurang.

Modifikasi piston mesin kelas 125 cc memiliki perbedaan standar tambah 0,25. Modifikasi secara signifikan akan meningkatkan kapasitas mesin sehingga dapat meningkatkan power yang dihasilkan. Untuk merubah produk menjadi menjadi retro bike, maka harus mengganti setang, ban, karburator, knalpot racing, dan rem depan-belakang.

Kesimpulan

Mesin GL CB menjanjikan pengalaman berbeda bagi para penggemar mobil klasik, terutama dengan tampilannya yang masih asli dan reliabilitas mesin yang terjaga. Mesin ini mudah dimodifikasi, menghemat bahan bakar, dan dapat menyediakan performa yang cukup baik di jalan raya.

Dalam memilih mobil klasik dengan mesin GL CB, pastikan untuk memilih mobil yang masih memiliki suku cadang yang lengkap dan mampu berjalan dengan baik. Apabila ingin memodifikasi mesin, pastikan untuk menggunakan spare part yang tepat untuk menjaga performa mesin tetap unggul.