Skip to content
Home ยป Menjaga Kinerja Mesin Mobil dengan Mengenal Celah Klep Mio

Menjaga Kinerja Mesin Mobil dengan Mengenal Celah Klep Mio

Mengenal celah klep mio adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh para pecinta otomotif. Karena dengan memahami hal ini kita bisa menjaga kinerja mesin mobil dengan baik. Celah klep mio adalah jarak antara klep dan rockernya pada mesin mobil. Hal ini sangat penting karena bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda.

Kenali Fungsi Celah Klep pada Mesin Mobil

Celah klep memiliki fungsi sangat penting pada mesin mobil, yaitu sebagai pengatur keluar masuknya bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin. Selain itu, celah klep juga bisa mempengaruhi kinerja mesin, beban kerja, dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan.

Cara Mengukur Celah Klep Mio

Untuk mengukur celah klep mio anda perlu memahami beberapa hal berikut ini:

  1. Pastikan mesin dalam kondisi dingin ketika akan mengukur celah klep mio.
  2. Pastikan piston pada posisi TMA (Titik Mati Atas).
  3. Gunakan kunci kombinasi untuk membuka tutup klep.
  4. Pakai obeng, putar pada mur siap yang ada di rocker arm pada klep yang akan diukur.
  5. Lakukan pengukuran cepat dengan Alox, sebuah jenis paku besi dengan penanda yang tepat.
  6. Sesuaikan ulang jarak antara klep dan rocker dengan menyesuaikan tautan yang ada.

Pahami Waktu yang Tepat untuk Mengukur Celah Klep Mio

Memahami waktu yang tepat untuk mengukur celah klep mio juga sangat penting. Setiap mesin mobil memiliki waktu yang berbeda untuk mengukur celah klep nya. Idealnya, tempuh 10.000 kilometer an atau 6 bulanan sekali. Karena mesin yang sudah lebih dari 10.000 kilometer dapat memiliki celah klep yang lebih longgar ketimbang yang sudah lebih baru.

BACA JUGA:   Mobil Listrik Terbaik di Indonesia

Kesimpulan

Jadi, celah klep mio menjadi salah satu hal yang sangat penting diperhatikan pada mesin mobil. Karena selain berpengaruh pada kinerja mesin, celah klep juga bisa mempengaruhi beban kerja dan konsumsi bahan bakar. Pastikan mesin mobil Anda dalam kondisi yang baik dengan cara memeriksa celah klep mio secara teratur. Dengan begitu, mobil Anda akan memiliki kinerja yang optimal dan dijamin lebih terawat.