Skip to content
Home ยป Meningkatkan Performa TB CBR 150 dengan Sepuluh Tips Mudah

Meningkatkan Performa TB CBR 150 dengan Sepuluh Tips Mudah

Jika Anda membeli Yamaha NVX atau Honda Vario 150, Anda akan memperoleh mesin yang jauh lebih kuat daripada TB CBR 150. Tapi jangan salah, TB CBR 150 juga menyimpan potensi besar untuk ditingkatkan performanya. Bagaimana caranya? Berikut adalah sepuluh tips mudah untuk meningkatkan performa TB CBR 150.

1. Ganti Knalpot Berstandar dengan Knalpot Aftermarket

Knalpot aftermarket merupakan pilihan bijak untuk meningkatkan performa mesin TB CBR 150. Knalpot berstandar biasanya dirancang untuk mengurangi suara bising mesin dan emisi gas buang, bukan untuk meningkatkan performa mesin. Knalpot aftermarket memiliki desain yang lebih bebas sehingga dapat meningkatkan aliran udara dan memungkinkan pembakaran yang lebih efisien.

2. Ganti Karburator Berstandar dengan Karburator Aftermarket

Karburator aftermarket memiliki diameter yang lebih besar daripada karburator bawaan pabrik. Ini dapat meningkatkan aliran udara dan bahan bakar ke dalam mesin dan meningkatkan pembakaran yang lebih optimal. Kemudian, performa mesin meningkat.

3. Ganti Filter Udara Berstandar dengan Filter Udara Aftermarket

Seperti halnya karburator aftermarket, filter udara aftermarket memiliki desain yang lebih baik dan mampu memberikan aliran udara yang lebih maksimal ke dalam mesin. Hal ini dapat meningkatkan kinerja mesin secara signifikan.

BACA JUGA:   Warna Kabel RPM Vixion Old

4. Gunakan Camshaft Aftermarket

Camshaft aftermarket memiliki lobe dan durasi yang lebih besar dari camshaft bawaan. Ini dapat meningkatkan aliran udara masuk ke dalam mesin dan memungkinkan pembakaran yang lebih efisien. Dalam bahasa yang lebih mudah, mesin akan lebih cepat dan lebih bertenaga.

5. Gunakan ECU Aftermarket

ECU aftermarket memungkinkan mesin untuk memberikan lebih banyak tenaga dan mempertahankan kinerja mesin pada tingkat tertinggi. Namun, pastikan untuk memilih ECU aftermarket yang cocok dengan model dan tipe motor Anda.

6. Ganti Rasio Gigi Standar dengan Rasio Gigi Lebih Pendek

Rasio gigi standar mungkin cukup baik untuk berkendara di jalan raya, tapi jika Anda ingin meningkatkan performa mesin, mengganti rasio gigi menjadi lebih pendek mungkin merupakan ide yang bagus. Hal ini akan meningkatkan akselerasi dan percepatan motor Anda.

7. Ganti Gir Final dengan Ukuran yang Lebih Kecil

Gir final adalah komponen penting dalam sistem transmisi, dan menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil dapat meningkatkan akselerasi motor Anda. Namun, perlu diingat bahwa mengubah ukuran gir final juga akan memengaruhi kecepatan maksimum motor Anda.

8. Gunakan Ban Racing

Menjadi rider tidak hanya soal kecepatan dan akselerasi. Anda juga perlu memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan berkendara. Ban racing dapat memberikan Anda grip yang lebih baik pada berbagai jenis permukaan jalan yang berbeda dan memungkinkan Anda untuk mengendalikan motor Anda dengan lebih baik.

9. Perhatikan Pengaturan Valves

Pengaturan valves adalah tugas yang penting yang harus dilakukan secara teratur untuk memastikan mesin beroperasi pada performa yang optimal. Pengaturan yang salah pada valves dapat mempengaruhi kinerja mesin secara signifikan. Pastikan untuk mempelajari teknik yang tepat untuk mengatur valves dengan benar.

BACA JUGA:   Songket CDI Grand - Inovasi Terbaru di Dunia Otomotif Indonesia

10. Segera Ganti Oli Mesin yang Tepat

Tidak hanya meningkatkan performa mesin, tetapi mengganti oli mesin secara teratur juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mesin. Oli mesin merupakan komponen penting dalam persiapan pembakaran dan melumasi mesin. Dengan mengganti oli secara teratur, performa mesin motor Anda akan lebih optimal.